HAMDAN, SYAFIQAH PUTRI NABILA BINTI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTUAN VIDEO BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS KELAS II SDN 026606 KOTA BINJAI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111099_Cover.pdf
Download (121kB)
1203111099_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (374kB)
1203111099_Abstrak.pdf
Download (208kB)
1203111099_Kata_Pengantar.pdf
Download (310kB)
1203111099_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
1203111099_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
1203111099_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1203111099_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1203111099_BAB_I.pdf
Download (397kB)
1203111099_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111099_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (909kB)
1203111099_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111099_BAB_V.pdf
Download (204kB)
1203111099_Daftar_Pustaka.pdf
Download (298kB)
1203111099_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa fakta dilapangan yang
menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui terdapat atau
tidaknya pengaruh model pembelajaran RME dengan bantuan video bernuansa
Etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 026606 Kota Binjai pada semester genap tahun ajaran
2023/3024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Dimana kelas II-A
sebagai kelas eksperimen dan kelas II-B sebagai kelas kotnrol. subjek dalam
penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas II-A yang berjumlah 16 siswa dan
kelas II-B berjumlah 16 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara,tes, observasi dan
dokumentasi. pada hasil hipotesis nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,030 < 0,05
=, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan rata – rata antara hasil belajar siswa Pretest dengan Posttest. Dengan
demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran
Realistic Mathematic Education (RME) dengan bantuan video bernuansa
Etnomatematika berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa
ditinjau dari hasil belajar siswa di SDN 026606 Kota Binjai.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), Etnomatematika, Literasi Matematis |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 28 May 2025 03:14 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 08:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61363 |
