PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALE

ABDA, SUSI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311118_Cover.pdf] Text
1193311118_Cover.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 1193311118_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311118_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of 1193311118_Abstrak.pdf] Text
1193311118_Abstrak.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1193311118_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311118_Kata_Pengantar.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1193311118_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311118_Daftar_Isi.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 1193311118_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311118_Daftar_Gambar.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1193311118_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311118_Daftar_Tabel.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 1193311118_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311118_Daftar_Lampiran.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 1193311118_BAB_I.pdf] Text
1193311118_BAB_I.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of 1193311118_BAB_V.pdf] Text
1193311118_BAB_V.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1193311118_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311118_Daftar_Pustaka.pdf

Download (314kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tema yang terdapat di kelas V SD Negeri Bale menjadi pendorong penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan apakah penggunaan e-modul interaktif dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri Bale layak, praktis, dan berhasil. Kajian semacam ini tergolong R&D dengan menggunakan paradigma pengembangan 4D yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.Subjek penelitian berjumlah 28 siswa, 18 orang diantaranya laki-laki dan 10 orang perempuan.Dalam penelitian ini, tes, angket, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data.Instrumen ahli (media dan materi), instrumen praktik (survei siswa), dan penilaian hasil belajar siswa merupakan beberapa alat yang digunakan dalam penelitian ini.Penelitian ini mencakup metodologi analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan temuan penelitian, hasil kelayakan produk masuk dalam kategori praktis dengan proporsi keseluruhan sekitar 74,5%. Dengan persentase 90%, temuan kepraktisan produk masuk dalam kategori “sangat praktis”. Dengan peringkat efektivitas 0,32, produk tersebut tergolong efektif. Berdasarkan temuan penelitian dapat dinyatakan bahwa penggunaan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL dalam pembelajaran dirasa praktis, praktis, dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul Interaktif, Canva, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 28 May 2025 03:15
Last Modified: 28 May 2025 03:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61362

Actions (login required)

View Item
View Item