ABDA, SUSI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311118_Cover.pdf
Download (134kB)
1193311118_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (430kB)
1193311118_Abstrak.pdf
Download (227kB)
1193311118_Kata_Pengantar.pdf
Download (310kB)
1193311118_Daftar_Isi.pdf
Download (184kB)
1193311118_Daftar_Tabel.pdf
Download (125kB)
1193311118_Daftar_Gambar.pdf
Download (123kB)
1193311118_Daftar_Lampiran.pdf
Download (124kB)
1193311118_BAB_I.pdf
Download (483kB)
1193311118_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (865kB)
1193311118_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (815kB)
1193311118_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1193311118_BAB_V.pdf
Download (227kB)
1193311118_Daftar_Pustaka.pdf
Download (314kB)
1193311118_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tema yang terdapat di kelas V SD Negeri Bale menjadi pendorong penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan apakah penggunaan e-modul interaktif dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri Bale layak, praktis, dan berhasil. Kajian semacam ini tergolong R&D dengan menggunakan paradigma pengembangan 4D yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran.Subjek penelitian berjumlah 28 siswa, 18 orang diantaranya laki-laki dan 10 orang perempuan.Dalam penelitian ini, tes, angket, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data.Instrumen ahli (media dan materi), instrumen praktik (survei siswa), dan penilaian hasil belajar siswa merupakan beberapa alat yang digunakan dalam penelitian ini.Penelitian ini mencakup metodologi analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan temuan penelitian, hasil kelayakan produk masuk dalam kategori praktis dengan proporsi keseluruhan sekitar 74,5%. Dengan persentase 90%, temuan kepraktisan produk masuk dalam kategori “sangat praktis”. Dengan peringkat efektivitas 0,32, produk tersebut tergolong efektif. Berdasarkan temuan penelitian dapat dinyatakan bahwa penggunaan E-Modul Interaktif dengan Pendekatan CTL dalam pembelajaran dirasa praktis, praktis, dan efisien.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | E-Modul Interaktif, Canva, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 28 May 2025 03:15 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 08:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61362 |
