PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN SMA KELAS X

Loris, Hevi (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN SMA KELAS X. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1_NIM. 8136122020 COVER.pdf]
Preview
Text
1_NIM. 8136122020 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2_NIM. 8136122020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2_NIM. 8136122020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 3_NIM. 8136122020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3_NIM. 8136122020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 4_NIM. 8136122020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4_NIM. 8136122020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 5_NIM. 8136122020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5_NIM. 8136122020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 6_NIM. 8136122020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6_NIM. 8136122020 TABLES.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 7_NIM. 8136122020 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7_NIM. 8136122020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 8_NIM. 8136122020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8_NIM. 8136122020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 9_NIM. 8136122020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9_NIM. 8136122020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 13_NIM. 8136122020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13_NIM. 8136122020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 14_NIM. 8136122020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14_NIM. 8136122020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajran individual, (2) Mengetahui keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan pada pembelajaran bahasa Mandarin.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan pengembangan produk Borg dan Gal yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan, Sembilan siswa untuk uji cobakelompok kecil, dan tiga puluh dua siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) uji ahli materi pelajaran bahasa Mandarin berada pada kualifikasi sangat baik (88,82%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik ( 95,57%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (90,70%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (90,00%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (95,50%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (96,21%).
Produk akhir dari penelitian pengembangan multimedia interaktif pembelajaran ini dilanjutkan dengan uji efektifitas produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan T.P. 2015-2016. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 64 siswa yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas yang diberi perlakuan menggunakan multimedia interaktif dan 32 siswa sebagai kelas yang menggunakan pembelajaran dengan media kartu gambar dan huruf sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.
Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif dengan hasil belajar yang dibelajarkan dengan media kartu gambar dan huruf. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh t_hitung = 5,69 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan derajat kebebasan 52 diperoleh t_(tabel ) adalah 2,01, sehingga t_hitung > t_(tabel ). Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan multimedia interaktif sebesar 84,58 % sedangkan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran kartu gambar dan huruf sebesar 76,56%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.6 Lor p
Keywords: Bahasa mandarin; Multimedia interaktif; Media kartu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1001 Chinese language
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jul 2016 08:34
Last Modified: 18 Jul 2016 08:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6135

Actions (login required)

View Item
View Item