PENGEMBANGAN E-MODUL MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS SOAL HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS X MAN 2 LANGKAT

Sari, Tri Wulan (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS SOAL HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS X MAN 2 LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216172009_Cover.pdf] Text
8216172009_Cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 8216172009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216172009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 8216172009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216172009_Kata_Pengantar.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 8216172009_Abstrak.pdf] Text
8216172009_Abstrak.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 8216172009_Daftar_Isi.pdf] Text
8216172009_Daftar_Isi.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 8216172009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216172009_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 8216172009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216172009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 8216172009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216172009_Daftar_Gambar.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 8216172009_BAB_I.pdf] Text
8216172009_BAB_I.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of 8216172009_BAB_V.pdf] Text
8216172009_BAB_V.pdf

Download (615kB)
[thumbnail of 8216172009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216172009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (586kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan E-Modul yang dikembangkan dengan model Creative Problem Solving berbasis soal HOTS. E-Modul dirancang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa kelas X MAN 2 Langkat, (2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) mengetahui peningkatan adversity quotient siswa di dalam kelas. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE. Adapun subjek penelitian ini adalah 72 siswa dari kelas X di MAN 2 Langkat. Sedangkan objek penelitian adalah E-Modul matematika materi program linear untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan adversity quotient siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-modul dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah diakui valid, praktis, dan bermanfaat oleh para profesional dengan kriteria layak digunakan; (2) Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dari pretest dengan kriteria “Rendah” pada skor 0,298 dan pada posttest memperoleh nilai dengan kriteria “Sedang” pada skor 0,489; (3) Peningkatan kemampuan adversity quotient siswa ditunjukkan berdasarkan analisis statistik. Kategori Campers sebesar 9,72% menjadi 0%, peralihan camper ke climber dari 79,16% menjadi 58,33% dan climber dari 11,12% menjadi 38,77%. Hasilnya kemampuan adversity quotient siswa mengalami peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sar p
Keywords: E-Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Adversity Quotiont.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Mar 2025 03:59
Last Modified: 23 Apr 2025 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61128

Actions (login required)

View Item
View Item