NAIBAHO, NOVA ANGGRIANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111067_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Cover.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 1203111067_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (516kB)
![[thumbnail of 1203111067_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Abstrak.pdf
Download (345kB)
![[thumbnail of 1203111067_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of 1203111067_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Daftar_Isi.pdf
Download (482kB)
![[thumbnail of 1203111067_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 1203111067_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 1203111067_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Daftar_Lampiran.pdf
Download (208kB)
![[thumbnail of 1203111067_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_BAB_I.pdf
Download (617kB)
![[thumbnail of 1203111067_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_BAB_V.pdf
Download (341kB)
![[thumbnail of 1203111067_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111067_Daftar_Pustaka.pdf
Download (174kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang
bervariasi dan hasil belajar IPAS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual
Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPAS Bab 5 topik1 materi IPA pada
siswa kelas V SD Negeri 106164 Sambirejo Timur. Sampel penelitian ini adalah
kelas V SD Negeri 106164 Sambirejo Timur yang terdiri dari 2 kelas yaitu 24
siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah
eksperimen yang berjenis Quasy Eksperimen Design. Desain yang digunakan
Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model Contextual
Teaching and Learning lebih tinggi. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning adalah
pretest sebesar 53 dan posttest sebesar 84,66 sedangkan hasil belajar
menggunakan model Konvensional adalah pretest 52,5 dan posttest sebesar 63,8.
Teknis analisis data penelitian menggunakan rumus t-tes. Hasil hipotesis
membuktikan bahwa thitung > ttabel atau 8,8337 > 2,01290 pada taraf signifikan α =
0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini
berarti bahwa terdapat pengaruh dan signifikan dari penggunaan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa
pada bab 5 topik 1 muatan IPA pada siswa kelas V SD Negeri 106164 Sambirejo
Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61120 |