PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DILEMA MORAL TERHADAP KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V UPT SPF SD NEGERI 106156 KLUMPANG

Sihite, Dorawan Lia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DILEMA MORAL TERHADAP KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V UPT SPF SD NEGERI 106156 KLUMPANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181006_Cover.pdf] Text
8226181006_Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8226181006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 8226181006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181006_Kata_Pengantar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 8226181006_Abstrak.pdf] Text
8226181006_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181006_Daftar_Isi.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181006_Daftar_Tabel.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181006_Daftar_Gambar.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 8226181006_BAB_I.pdf] Text
8226181006_BAB_I.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 8226181006_BAB_V.pdf] Text
8226181006_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan siswa dalam proses belajar, sehingga siswa tidak dapat terampil dalam memecahkan masalah dan memberi solusi pada masalah. Saat pembelajaran PPKn yang dilaksanakan belum menuntut siswa untuk bisa mengembangkan keterampilan siswa dalam menyampaikan informasi dan keputusan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan kewarganegaraan siswa yang diajarkan dengan model project based learing dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; kemudian mengetahui perbedaan keterampilan kewarganegaraan siswa yang memiliki dilema moral tinggi dibandingkan siswa yang memiliki dilema moral rendah; dan mengetahui interaksi antara model project based learning dan dilema moral siswa dalam mempengaruhi keterampilan kewarganegaraan siswa di SD Negeri 106156 Klumpang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi ekperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 44 siswa, kelas VA sebanyak 22 siswa dan VB sebanyaka 22 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuisioner keterampilan kewarganegaraan dan instrument tes dilema moral. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Keterampilan Kewarganegaraan siswa yang diajar dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan keterampilan kewarganegaraan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (Fhitung = 34,038 dan nilai sig. 0,000 > 0,05); kemudian Keterampilan Kewarganegaraan siswa yang memiliki dilema moral tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan kewarganegaraan siswa yang memiliki dilema moral rendah (Fhitung = 1,390 dan nilai sig. 0,281 > 0,05); dan terdapat interaksi antara model project based learning dan dilema moral dalam mempengaruhi keterampilan kewarganegaraan siswa (Fhitung= 1,381 dan nilai sig. 0,298 > 0,05)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 370.114 Sih p
Keywords: Model Project based learning, dilema moral, keterampilan kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2025 06:59
Last Modified: 22 Apr 2025 05:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61067

Actions (login required)

View Item
View Item