PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DILEMA MORAL TERHADAP KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V UPT SPF SD NEGERI 106156 KLUMPANG

Sihite, Dorawan Lia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DILEMA MORAL TERHADAP KETERAMPILAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V UPT SPF SD NEGERI 106156 KLUMPANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226181006_Cover.pdf] Text
8226181006_Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 8226181006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226181006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of 8226181006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226181006_Kata_Pengantar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 8226181006_Abstrak.pdf] Text
8226181006_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Isi.pdf] Text
8226181006_Daftar_Isi.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226181006_Daftar_Tabel.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226181006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226181006_Daftar_Gambar.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 8226181006_BAB_I.pdf] Text
8226181006_BAB_I.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 8226181006_BAB_V.pdf] Text
8226181006_BAB_V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 8226181006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226181006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan siswa dalam
proses belajar, sehingga siswa tidak dapat terampil dalam memecahkan masalah dan
memberi solusi pada masalah. Saat pembelajaran PPKn yang dilaksanakan belum
menuntut siswa untuk bisa mengembangkan keterampilan siswa dalam
menyampaikan informasi dan keputusan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan kewarganegaraan siswa yang
diajarkan dengan model project based learing dibandingkan dengan siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran langsung; kemudian mengetahui perbedaan
keterampilan kewarganegaraan siswa yang memiliki dilema moral tinggi
dibandingkan siswa yang memiliki dilema moral rendah; dan mengetahui interaksi
antara model project based learning dan dilema moral siswa dalam mempengaruhi
keterampilan kewarganegaraan siswa di SD Negeri 106156 Klumpang. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu (quasi ekperimen). Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas 44 siswa, kelas VA sebanyak 22 siswa dan VB sebanyaka 22
siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuisioner keterampilan
kewarganegaraan dan instrument tes dilema moral. Pengujian Hipotesis dilakukan
dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukan bahwa; Keterampilan
Kewarganegaraan siswa yang diajar dengan model project based learning lebih tinggi
dibandingkan keterampilan kewarganegaraan siswa yang diajar dengan model
pembelajaran langsung (Fhitung = 34,038 dan nilai sig. 0,000 > 0,05); kemudian
Keterampilan Kewarganegaraan siswa yang memiliki dilema moral tinggi lebih tinggi
dibandingkan dengan keterampilan kewarganegaraan siswa yang memiliki dilema
moral rendah (Fhitung = 1,390 dan nilai sig. 0,281 > 0,05); dan terdapat interaksi antara
model project based learning dan dilema moral dalam mempengaruhi keterampilan
kewarganegaraan siswa (Fhitung= 1,381 dan nilai sig. 0,298 > 0,05)

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Model Project based learning, dilema moral, keterampilan kewarganegaraan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar - (S2)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2025 06:59
Last Modified: 12 Mar 2025 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61067

Actions (login required)

View Item
View Item