DINANTI, NADIA NAN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIVE BERBASIS DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 1 KELAS IV SISWA SDN 056013 HINAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1183311018_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Cover.pdf
Download (64kB)
![[thumbnail of 1183311018_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of 1183311018_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Abstrak.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 1183311018_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Kata_Pengantar.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 1183311018_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Daftar_Isi.pdf
Download (173kB)
![[thumbnail of 1183311018_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Daftar_Gambar.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 1183311018_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Daftar_Tabel.pdf
Download (72kB)
![[thumbnail of 1183311018_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 1183311018_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_BAB_I.pdf
Download (334kB)
![[thumbnail of 1183311018_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_BAB_V.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 1183311018_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1183311018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (164kB)
Abstract
Manipulative berbasis Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa SDN 056013 Hinai T.A
2022/2023. Latar belakang penilitian ini yaitu guru masih menggunakan mtode yang itu itu saja
seperti metode ceramah, kurangnya kreativitas guru dalam menciptakan media pembelajaran,
penggunakan metode pembelajaran yang sama dalam waktu yang cukup lama, penggunaan media
yang seadanya saja.. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan
metode penelitian eksperimen. Desain penelitiaan yang digunakan adalah quasi experimental
design dengan model non equivalent pretest posttest control group design yaitu dua kelompok
yang diberikan pretest untuk mengetahui keadaan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV-A dan IV-B di SDN 056013 Hinai T.A 2022/2023
yang berjumlah 40 siswa. Sample pada penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan 20 siswa kelas
kontrol dan 20 siswa kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
pada penggunaan media Manipulative berbasis demonstrasi terhadap hasil belajar siswa SDN
056013 Hinai. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t yang
menyatakan bahwa pada Sig. (2-tailed) 0,00. Karena 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan nilai thitung > ttabel yaitu 9,041 > 2.004 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Juga dapat
dilihat bahwa nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanting kan nilai
rata-rata posttest siswa kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Manipulative, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/61050 |