PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 101768 TEMBUNG T.A 2023/2024

RANGKUTI, MASYTOH (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 101768 TEMBUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111093_Cover.pdf] Text
1203111093_Cover.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1203111093_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111093_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 1203111093_Abstrak.pdf] Text
1203111093_Abstrak.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 1203111093_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111093_Kata_Pengantar.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of 1203111093_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111093_Daftar_Isi.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 1203111093_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111093_Daftar_Gambar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1203111093_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111093_Daftar_Tabel.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1203111093_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111093_Daftar_Lampiran.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1203111093_BAB_I.pdf] Text
1203111093_BAB_I.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 1203111093_BAB_V.pdf] Text
1203111093_BAB_V.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 1203111093_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111093_Daftar_Pustaka.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode SQ3R terhadap
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101768
Tembung tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi
eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam
penelitian ini adalah metode SQ3R (X) dan kemampuan membaca pemahaman
(Y). Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV.A dan kelompok kontrol yaitu
siswa kelas IV.B Sekolah Dasar Negeri 101768 Tembung. Teknik pengumpulan
data penelitian yaitu tes berupa pretest dan posstest. Teknik analisis data untuk
menguji hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului uji normalitas dan uji
homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca
pemahaman dengan metode SQ3R lebih tinggi daripada kemampuan membaca
pemahaman dengan metode konvensional bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri 101768 Tembung. Hal tersebut dibuktikan dari perolehan nilai kelompok
eksperimen menunjukkan peningkatan nilai rata-rata yang cukup signifikan dari
57,73 menjadi 78,41, lebih maksimal dari kelompok kontrol yang menerapkan
metode pembelajaran konvensional dan mengalami peningkatan lebih kecil, yaitu
dari rata-rata awal 57,33 menjadi rata-rata akhir 68 dan dari hasil hipotesis t-test
dengan taraf signifikansi 5% (derajat kepercayaan 95%) diperoleh 2,999 >
2,030 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menandakan adanya
pengaruh yang signifikan secara statistik dari penerapan metode SQ3R dalam
peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV mata
pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri 101768 Tembung pada tahun
ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Metode, SQ3R, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:58
Last Modified: 01 Jul 2025 06:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60921

Actions (login required)

View Item
View Item