PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A. 2023/2024

MALAU, LUSNI MELIANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111013_Cover.pdf] Text
1203111013_Cover.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 1203111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 1203111013_Abstrak.pdf] Text
1203111013_Abstrak.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1203111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 1203111013_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111013_Daftar_Isi.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 1203111013_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111013_Daftar_Gambar.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1203111013_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111013_Daftar_Tabel.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 1203111013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 1203111013_BAB_I.pdf] Text
1203111013_BAB_I.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 1203111013_BAB_V.pdf] Text
1203111013_BAB_V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1203111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A. 2023/2024 dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual tipe giving question and getting answer di SDN 101765 Bandar Setia T.A. 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk mendapatkan hasil dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya sudah diujicobakan untuk mengetahui validitas dan realibilitas tes. Instrumen ini diberikan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual tipe giving question and getting answer. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan data hasil perhitungan untuk nilai pretest siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 36,34 dan untuk nilai posttest siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80,96. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Paired Sample t Test dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,05 dan thitung = 8,24. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka diketahui thitung > ttabel yaitu 8,24 > 2,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kontekstual tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 101765 Bandar Setia T.A. 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Giving Question and Getting Answer, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 01:29
Last Modified: 02 Jul 2025 01:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60907

Actions (login required)

View Item
View Item