SIHOTANG, LASTRI (2024) PENGARUHMEDIAAUDIO VISUAL PADAHASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SD NEGERI 060838 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1201111046_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Cover.pdf
Download (48kB)
![[thumbnail of 1201111046_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (852kB)
![[thumbnail of 1201111046_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Abstrak.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 1201111046_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Kata_Pengantar.pdf
Download (258kB)
![[thumbnail of 1201111046_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Daftar_Isi.pdf
Download (100kB)
![[thumbnail of 1201111046_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Daftar_Gambar.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of 1201111046_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Daftar_Tabel.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 1201111046_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
![[thumbnail of 1201111046_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_BAB_I.pdf
Download (409kB)
![[thumbnail of 1201111046_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_BAB_V.pdf
Download (62kB)
![[thumbnail of 1201111046_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (195kB)
Abstract
Masalah yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IV di SDN 060838 Medan yang masih belum merata memenuhi kriteria ketuntasan minimal disekolah, hal ini diakibatkan proses pembelajaran yang tidak efektif dengan tidak adanya penggunaan media sehingga proses pembelajaran kurang menarik danmembosankan bagi peserta didik sehingga kurang merespon baik dan kesulitan untuk memahami pembelajaran yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan media audio visual mempengaruhi hasil belajar siswa dan bagaimana perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran IPAS Materi BAB VII Bagaimana Mendapatkan Semua Kebutuhan Kita Topik C “kegiatan jual beli sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan” di Kelas IV SD Negeri 060838 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Nonequivalent Control Group Design. Subjek siswa kelas IV A sebanyak 22 siswa dan kelas IV B sebanyak 22 siswa. Instrument penelitian terdiri dari (1) Lembar wawancara yang dilakukan kepada guru untuk mengetahui bagaiman situasi peserta didik dan proses pembelajaran yang terjadi disekolah (2) Tes dengan menggunakan soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dimana ini dilakukan untuk melihat bagaiman media audio visual mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data deskriptif statistic rata-rata prestest kelas eksprimen sebesar 64,772 dan nilai rata-rata hasil post-test kelas eksprimen sebesar 84,090. Selanjutnya uji hipotesis melalui uji t-test diperoleh bahwa nilai t hitung adalah 8,373 > 3,7924 t tabel, nilai alpha 0,05 dengan derajat beda n-1. Maka Ho ditolak artinya: Pengaruh penggunaan media audio visual sebagaia alat atau sarana dalam pembelajaran signifikan (tinggi) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV UPT SD Negeri 060838 Medan Tahun Ajaran 2023/ 2024. Signifikan dengan tingkat kepercayaan 90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan, Media, Audio Visual, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:33 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 01:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60797 |