PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATERI GERAK LURUS DALAM PENERAPAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X PADA SMA NEGERI 13 MEDAN

Panjaitan, Dicki Antoni (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA MATERI GERAK LURUS DALAM PENERAPAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS X PADA SMA NEGERI 13 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4172121020_Cover.pdf] Text
4172121020_Cover.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4172121020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4172121020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 4172121020_Abstrak.pdf] Text
4172121020_Abstrak.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 4172121020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4172121020_Kata_Pengantar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4172121020_Daftar_Isi.pdf] Text
4172121020_Daftar_Isi.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4172121020_Daftar_Gambar.pdf] Text
4172121020_Daftar_Gambar.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4172121020_Daftar_Tabel.pdf] Text
4172121020_Daftar_Tabel.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4172121020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4172121020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4172121020_BAB_I.pdf] Text
4172121020_BAB_I.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 4172121020_BAB_II.pdf] Text
4172121020_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[thumbnail of 4172121020_BAB_III.pdf] Text
4172121020_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of 4172121020_BAB_IV.pdf] Text
4172121020_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[thumbnail of 4172121020_BAB_V.pdf] Text
4172121020_BAB_V.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 4172121020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4172121020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of 4172121020_Lampiran.pdf] Text
4172121020_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian autentik terhadap penilaian hasil belajar siswa materi pokok materi gerak lurus kelas X SMA Negeri 13 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau disebut juga dengan Research and Development (R&D) dengan model 4D. Prosedur pengembangan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses penelitian pengembangan menurut Thiagarajan dengan tahapan sebagai berikut: tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengguna instrumen penilaian (guru) dengan objek dalam penelitian ini yaitu instrumen penilaian autentik yang di kembangkan. Data penelitian diperoleh berdasarkan uji kelayakan instrumen penilaian autentik (validasi dan respon guru). Validasi ahli dari 3 validator menghasilkan nilai rata-rata sebesar 96,67% yang berarti instrumen penilaian autentik layak untuk diujikan. Respon guru setelah penggunaan instrumen penilaian autentik menghasilkan nilai sebesar 96% yang berarti instrumen penilaian autentik praktis dalam penggunaan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian autentik pada materi gerak lurus memenuhi hasil pengujian kelayakan instrumen penilaian sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk mengukur hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penilaian autentik; Gerak lurus; Rubrik penilaian; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:26
Last Modified: 23 Jun 2025 08:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60787

Actions (login required)

View Item
View Item