PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106456 DESA BANTAN T.A 2023/2024

FADILAH, HETI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106456 DESA BANTAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111033_Cover.pdf] Text
1203111033_Cover.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 1203111033_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111033_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111033_Abstrak.pdf] Text
1203111033_Abstrak.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 1203111033_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111033_Kata_Pengantar.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 1203111033_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111033_Daftar_Isi.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 1203111033_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111033_Daftar_Gambar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1203111033_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111033_Daftar_Tabel.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 1203111033_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111033_Daftar_Lampiran.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1203111033_BAB_I.pdf] Text
1203111033_BAB_I.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 1203111033_BAB_V.pdf] Text
1203111033_BAB_V.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1203111033_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111033_Daftar_Pustaka.pdf

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 106456 Desa Bantan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106456 Desa Bantan yang berjumlah 27 orang, dengan 12 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest siswa yaitu 49,26 dan rata-rata posttest siswa menjadi 80,00 setalah diterapkan model pembelajaran CIRC. Pada saat pretest hanya 7,4% siswa yang tergolong tuntas. Namun pada saat posttest 81,48% siswa sudah tergolong tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:00
Last Modified: 02 Jul 2025 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60631

Actions (login required)

View Item
View Item