FADILAH, HETI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106456 DESA BANTAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203111033_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Cover.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of 1203111033_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1203111033_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Abstrak.pdf
Download (418kB)
![[thumbnail of 1203111033_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Kata_Pengantar.pdf
Download (405kB)
![[thumbnail of 1203111033_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Daftar_Isi.pdf
Download (283kB)
![[thumbnail of 1203111033_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Daftar_Gambar.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of 1203111033_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Daftar_Tabel.pdf
Download (223kB)
![[thumbnail of 1203111033_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Daftar_Lampiran.pdf
Download (224kB)
![[thumbnail of 1203111033_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_BAB_I.pdf
Download (605kB)
![[thumbnail of 1203111033_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_BAB_V.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of 1203111033_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203111033_Daftar_Pustaka.pdf
Download (533kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 106456 Desa Bantan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitif pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106456 Desa Bantan yang berjumlah 27 orang, dengan 12 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest siswa yaitu 49,26 dan rata-rata posttest siswa menjadi 80,00 setalah diterapkan model pembelajaran CIRC. Pada saat pretest hanya 7,4% siswa yang tergolong tuntas. Namun pada saat posttest 81,48% siswa sudah tergolong tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:00 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60631 |