PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 UNTUK SISWA KELAS V SD SWASTA MAHKOTA HIDUP T.A 2023/2024

SIMANJORANG, GRACIA APRIDENOLA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX PADA TEMA 2 SUBTEMA 1 UNTUK SISWA KELAS V SD SWASTA MAHKOTA HIDUP T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193111068_Cover.pdf] Text
1193111068_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 1193111068_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111068_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 1193111068_Abstrak.pdf] Text
1193111068_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1193111068_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111068_Kata_Pengantar.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of 1193111068_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111068_Daftar_Isi.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1193111068_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111068_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193111068_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111068_Daftar_Tabel.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193111068_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111068_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1193111068_BAB_I.pdf] Text
1193111068_BAB_I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 1193111068_BAB_V.pdf] Text
1193111068_BAB_V.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1193111068_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111068_Daftar_Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan
Media Pembelajaran Magic box pada siswa kelas V SD Swasta Mahkota Hidup.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reserch and
Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE terdiri dari 5
tahapan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan
(Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation).
Berdasarkan hasil penelitian, uji validasi oleh ahli materi memperoleh hasil
dengan persentase 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Uji validasi oleh ahli
desain media memperoleh hasil dengan persentase 92% dengan kategori “Sangat
Layak”. Uji Validasi instrumen tes memperoleh hasil dengan persentase 88%
dengan kategori “Sangat Layak”. Uji kepraktisan berdasarkan respon guru
memperoleh hasil dengan persentase 92% dengan kategori “Sangat Praktis”.
Efektivitas media diperoleh dari hasil pre-test dan post-test siswa. Sebelum
menggunakan media Magic box memperoleh nilai rata-rata pre-test 53,79% dan
nilai rata-rata post-test setelah menggunakan media yaitu 81,72% dengan kategori
“Sangat Efektif”. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa media Magic box
pada tema 2 subtema 1 layak, praktis dan efektif digunakan dalam meningkatkan
kemampuan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Magic box, Media, Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:04
Last Modified: 02 Jul 2025 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60614

Actions (login required)

View Item
View Item