PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN HOT LITERASI SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA

Annisya, Yuni (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN HOT LITERASI SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131024_Cover.pdf] Text
4201131024_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4201131024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 4201131024_Abstrak.pdf] Text
4201131024_Abstrak.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4201131024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131024_Kata_Pengantar.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4201131024_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131024_Daftar_Isi.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4201131024_BAB_I.pdf] Text
4201131024_BAB_I.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 4201131024_BAB_II.pdf] Text
4201131024_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[thumbnail of 4201131024_BAB_III.pdf] Text
4201131024_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of 4201131024_BAB_IV.pdf] Text
4201131024_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[thumbnail of 4201131024_BAB_V.pdf] Text
4201131024_BAB_V.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4201131024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 4201131024_Lampiran.pdf] Text
4201131024_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan abad 21 sangat membutuhkan pembuktian kualitas, oleh karena itu implementasi HOTS pada kurikulum 2013 saat ini diharap mampu menjawab permasalahan pendidikan demi menciptakan generasi masa depan berkarakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan HOTS literasi terjadi ketika model PBL diintegrasikan dengan media Video Animasi pada materi Asam Basa di kelas XI SMA dan untuk mengetahui aspek hot literasi manakah yang paling terkembangkan. Penelitian ini menggunakan dengan metode Two-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi HOTS siswa meningkat melalui pembelajaran dengan model PBL dengan media Video Animasi, hal ini dibuktikan melalui uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (17,595> 2,002) dengan nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,907 atau 91% dan pada kelas kontrol sebesar 0,864 atau 86,4%. Aspelk HOTS litelrasi kognitif yang paling telrkelmbangkan dalam pelnellitian ini mellaluli modell PBL delngan meldia animasi yaitu aspelk C4 pelnalaran. Hal ini dibulktikan delngan hasil pelrhitulngan pelrselntasel tiap-tiap indikator HOTS litelrasi yaitul pelrselntasel aspelk C4 pelnalaran selbelsar 84%,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 546.071 2 Ann p
Keywords: Problem based learning; Video animasi; HOTS literasi; Asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jun 2025 05:33
Last Modified: 12 Jun 2025 05:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60598

Actions (login required)

View Item
View Item