PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEA CHING TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 0102 SIBUHUAN T.A 2023/2024

HASIBUAN, DINDA REZKI AMALIA (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEA CHING TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 0102 SIBUHUAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111053_Cover.pdf] Text
1201111053_Cover.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1201111053_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111053_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111053_Abstrak.pdf] Text
1201111053_Abstrak.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1201111053_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111053_Kata_Pengantar.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 1201111053_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111053_Daftar_Isi.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 1201111053_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111053_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1201111053_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111053_Daftar_Tabel.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1201111053_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111053_Daftar_Lampiran.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 1201111053_BAB_I.pdf] Text
1201111053_BAB_I.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 1201111053_BAB_V.pdf] Text
1201111053_BAB_V.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 1201111053_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111053_Daftar_Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap Antusiasme belajar siswa pada pendidikan Pancasila kelas IV SDN 0102 Sibuhuan.Populasi pada penelitian dengan menggunakan metode probability sampling dengan mengabil 2 kelas dengan jumlah siswa 54 siswa.Sebanyak 25 pernyataan dimasukkan ke dalam kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data,yang kemudian dievaluasi menggunakan metode quasi eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegairahan belajar siswa di SDN 0102 Sibuhuan dipengaruhi secara signifikan oleh penggunahan metode pembelajaran Hypnoteaching.Uji normalitas data dilakukan setelah data yang terkumpul diperiksa dengan menggunakan metode Uji homogenitas data.Selanjutnya uji t dengan tingkat signifikansi 0,05 dan tingkat kepercayaan 5% akan digunakan untuk mengevaluasi hipotesis.Rata-rata posttest motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 86,15 > 83,30 lebih besar dibandingkan kelas kontrol.Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut,disarankan bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam satu proses pemebelajaran agar dapat meningkatkan antusias belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Hypnoteaching,Antusiasme Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:50
Last Modified: 21 Jul 2025 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60428

Actions (login required)

View Item
View Item