PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA ISPRING PRESENTER TERHADAP KEMAMPUAN HOTS LITERASI SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Tambunan, Seli Cornelya M (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA ISPRING PRESENTER TERHADAP KEMAMPUAN HOTS LITERASI SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331022_Cover.pdf] Text
4203331022_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203331022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 4203331022_Abstrak.pdf] Text
4203331022_Abstrak.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4203331022_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331022_Kata_Pengantar.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4203331022_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331022_Daftar_Isi.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4203331022_BAB_I.pdf] Text
4203331022_BAB_I.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4203331022_BAB_V.pdf] Text
4203331022_BAB_V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4203331022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Setiap peserta didik dituntut untuk menguasai literasi sains dalam kehidupan sehari-hari karena literasi ini berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam mengaitkan isu tentang sains dan gagasannya sebagai warga negara. Penelitian in bertujuan untuk menganalisis nilai HOTS literasi siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan berbantuan media iSpring Presenter pada materi laju reaksi terhadap nilai yang dihipotesiskan sebesar 70 dan untuk mendeskripsikan aspek HOTS literasi yang paling terkembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan validasi tes diperoleh jumalh soal yang valid sebanyak 22 butir soal dengan reliabilitas 0,8106. Uji normalitas diperoleh berdistribusi normal. Analisis data menunjukkan bahwa nilai N-Gain memenuhi kriteria tinggi yaitu dengan nilai N-gain sebesar 0,7003 (70,03 %). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi HOTS siswa meningkat melalui pembelajaran dengan model PBL dengan media iSpring Presenter, hal ini dibuktikan melalui uji t diperoleh nilai thitung > tTabel (6,96 > 2,039513) artinya hipotesis penelitian diterima. Aspek HOTS Literasi yang terkembangkan dalam penelitian ini adalah C5 Penalaran dengan persentase sebesar 73,44%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Tam p
Keywords: Problem based learning; iSpring Presenter; HOTS literasi; Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 02 Jun 2025 03:33
Last Modified: 02 Jun 2025 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60416

Actions (login required)

View Item
View Item