NAPITUPULU, CHINDY ATM (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE ROUND CLUB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 173557 TANDING. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311113_Cover.pdf
Download (253kB)
1203311113_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (729kB)
1203311113_Abstrak.pdf
Download (378kB)
1203311113_Kata_Pengantar.pdf
Download (394kB)
1203311113_Daftar_Isi.pdf
Download (333kB)
1203311113_Daftar_Tabel.pdf
Download (267kB)
1203311113_Daftar_Gambar.pdf
Download (264kB)
1203311113_Daftar_Lampiran.pdf
Download (267kB)
1203311113_BAB_I.pdf
Download (438kB)
1203311113_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (986kB)
1203311113_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (939kB)
1203311113_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (942kB)
1203311113_BAB_V.pdf
Download (339kB)
1203311113_Daftar_Pustaka.pdf
Download (303kB)
1203311113_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran round club terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SDN 173557 Tanding. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 173557 Tanding. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa, dimana ada dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif learning tipe round club, dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, dokumentasi, uji validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran, uji daya beda, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian yang diberikan kepada murid awal penelitian dan tes akhir pertemuan serta dokumentasi untuk mengetahui hasil dari kedua kelompok. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) hasil nilai rata-rata kelas kontrol pada pretest memiliki nilai 49,50, dan posttest 61,75; 2) hasil nilai rata-rata kelas eksperimen pada pretest memiliki nilai 51,75 dan posttest 84,75; 3) hasil hipotesis menyatakan Ho diterima dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran round club terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 173557 Tanding T.A 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan nilai � ℎ����� (3,882) yang lebih besar dibandingkan ������ (1,686) atau 3,882 > 1,686 pada taraf signifikan 5% yang berarti hiopotesis Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh positif yang signifikan dengan model pembelajaran round club terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 173557 Tanding T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran Round Club, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:00 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 06:27 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60335 |
