CANTIKA, BUNGA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN WEBSITE BOOK CREATOR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SDN 105287 TEMBUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311023_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Cover.pdf
Download (243kB)
![[thumbnail of 1203311023_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (443kB)
![[thumbnail of 1203311023_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Abstrak.pdf
Download (352kB)
![[thumbnail of 1203311023_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Kata_Pengantar.pdf
Download (621kB)
![[thumbnail of 1203311023_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Daftar_Isi.pdf
Download (269kB)
![[thumbnail of 1203311023_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Daftar_Gambar.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 1203311023_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Daftar_Tabel.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of 1203311023_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (211kB)
![[thumbnail of 1203311023_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_BAB_I.pdf
Download (654kB)
![[thumbnail of 1203311023_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_BAB_V.pdf
Download (378kB)
![[thumbnail of 1203311023_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (388kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis contextual teaching and learing berbantuan website book creator pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SDN 105287 Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE dengan 5 tahap proses analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 105287 Tembung berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, kuesioner (angket), tes dan dokumentasi. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk e-modul berbasis contextual teaching and learing berbantuan website book creator pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SDN 105287 Tembung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Uji kelayakan mendapatkan kategori “Sangat Layak” dengan rincian validator ahli materi memperoleh persentase 93% dan validator ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 77,3% dengan katergori “Layak”. 2). Uji Kepraktisan oleh guru kelas IV memperoleh persentase 76,3 dengan kategori “Praktis”. 3). Uji Keefektifan diperoleh dari nilai rata-rata pre-test sebesar 53,06 dengan kategori “Tidak Tuntas” dan memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 86 dengan kategori “Tuntas”. Berdasarkan hasil temuan tersebbut diharapkan bagi pendidikan dapat mengembangkan E-Modul berbasis Contextual Teaching And Learning berbantuan Website Book Creator demi menciptakan bahan ajar menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan E-Modul, Contextual Teaching And Learning, Website Book Creator, Mata Pelajaran, Pendidikan Pancasila, Kelas IV Sekolah Dasar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:01 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60319 |