ANALISIS KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DI TK NAZIFA ISLAMIC SCHOOL

SAFARI, NOVA (2024) ANALISIS KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENGETAHUI BAGAIMANA KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DI TK NAZIFA ISLAMIC SCHOOL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191113017_Cover.pdf] Text
1191113017_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1191113017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191113017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 1191113017_Abstrak.pdf] Text
1191113017_Abstrak.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1191113017_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191113017_Kata_Pengantar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 1191113017_Daftar_Isi.pdf] Text
1191113017_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1191113017_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191113017_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1191113017_Lampiran.pdf] Text
1191113017_Lampiran.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of 1191113017_BAB_I.pdf] Text
1191113017_BAB_I.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 1191113017_BAB_V.pdf] Text
1191113017_BAB_V.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 1191113017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191113017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (294kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kegiatan finger painting di
TK Nazifa Islamic school. Salah satu aspek penting yang mengalami
perkembangan adalah kemampuan fisik motorik. Penelitian menggunakan metode
finger painting telah diidentifikasi sebagai salah satu metode yang efektif untuk
meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Pertanyaan penelitian
yang muncul adalah bagaimana implementasi metode finger painting dalam
meningkatkan kemampuan motorik halus anak di TK Nazifa Islamic school.
Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif lapangan dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan
dokumentasi, dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan
keabsahan data. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa
kegiatan finger painting di TK Nazifa Islamic School berjalan efektif, tahapan
pelaksanaan finger painting yang terstruktur, dan adanya peningkatan signifikan
dalam perkembangan motorik halus anak. Hasil capaian perkembangan
menunjukkan peningkatan dalam menjangkau, menggenggam, dan memanipulasi
objek, serta kemampuan koordinasi bilateral dan membantu diri sendiri. Selain
itu, kegiatan ini juga mendorong pengembangan motorik halus, imajinasi, dan
rasa percaya diri anak-anak. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa kegiatan
finger painting dapat merangsang perkembangan motorik halus anak usia dini dan
memberikan kontribusi positif dalam persiapan mereka menghadapi tantangan
belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Motorik Halus, Metode Finger painting
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:24
Last Modified: 21 Jul 2025 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60144

Actions (login required)

View Item
View Item