VICTORIA, HERLINA DEBORAH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MINI TEATER TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI TK KARUNIA MEDAN JOHOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203113002_Cover.pdf
Download (43kB)
1203113002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (375kB)
1203113002_Abstrak.pdf
Download (139kB)
1203113002_Kata_Pengantar.pdf
Download (167kB)
1203113002_Daftar_Isi.pdf
Download (205kB)
1203113002_Daftar_Tabel.pdf
Download (213kB)
1203113002_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
1203113002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (110kB)
1203113002_BAB_I.pdf
Download (373kB)
1203113002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (735kB)
1203113002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (585kB)
1203113002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (536kB)
1203113002_BAB_V.pdf
Download (203kB)
1203113002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (168kB)
1203113002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mini
teater terhadap keterampilan komunikasi anak usia 5-6 tahun di TK Karunia
Medan Johor. Keterampilan komunikasi merupakan aspek penting dalam
perkembangan anak, yang melibatkan kemampuan berbicara, mendengarkan, serta
berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Namun, berdasarkan observasi awal
di TK Karunia, banyak anak belum memiliki keterampilan komunikasi yang baik,
seperti kurangnya kontak mata, berbicara tidak jelas, dan tidak sopan saat
berinteraksi. Mini teater sebagai media pembelajaran berpotensi besar untuk
meningkatkan keterampilan komunikasi anak melalui peran bermain yang
melibatkan dialog dan interaksi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan desain pre-test dan post-test pada satu kelompok. Sampel penelitian
adalah seluruh anak berusia 5-6 tahun di TK Karunia Medan Johor, yang
berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum
dilakukan kegiatan menganyam (pre test) berkategori cukup dengan rata-rata skor
= 7,28 sedangkan setelah kegiatan penggunaan media mini teater (post test)
berkategori sangat baik dengan rata-rata skor = 30,13. Hasil dari uji wilcoxon
menunjukkan nilai Whitung = 127,8 > Wtabel = 25, karena Whitung > Wtabel maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian bahwa penggunaan media mini teater
secara signifikan meningkatkan keterampilan komunikasi anak, khususnya dalam
aspek berbicara jelas, menjaga kontak mata, dan partisipasi dalam percakapan.
Media mini teater terbukti menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan
keterampilan komunikasi anak usia dini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Mini Teater, Keterampilan Komunikasi, Anak usia Dini, TK Karunia. |
| Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:27 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 03:14 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60108 |
