PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMMANUEL KIDS MEDAN

SIHOMBING, HENNI ANASTASIA (2024) PENGARUH METODE FONIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IMMANUEL KIDS MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203113043_Cover.pdf] Text
1203113043_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203113043_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203113043_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 1203113043_Abstrak.pdf] Text
1203113043_Abstrak.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 1203113043_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203113043_Kata_Pengantar.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203113043_Daftar_Isi.pdf] Text
1203113043_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1203113043_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203113043_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203113043_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203113043_Daftar_Tabel.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 1203113043_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203113043_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203113043_BAB_I.pdf] Text
1203113043_BAB_I.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of 1203113043_BAB_V.pdf] Text
1203113043_BAB_V.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 1203113043_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203113043_Daftar_Pustaka.pdf

Download (266kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode fonik
terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel
Kids Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan diterapkan
metode eksperimen (experimental research) dengan desain Time Series Design.
Populasi penelitian ini ialah seluruh anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids
Kelas B yang berjumlah 30 orang anak. Teknik Pengambilan sampel dalam
penelitian ini yaitu teknik random sampling dengan sampel yaitu berjumlah 15
orang anak. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik
nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil perhitungan dan uji hipotesis data
diperoleh nilai = 6 dan = 25 (dengan taraf signifikan 0,05) maka
nilai < dari 0,05 sehingga hipotesis menyatakan terdapat pengaruh
signifikan dari penggunaan metode fonik terhadap kemampuan membaca
permulaan anak usia 5-6 tahun di Tk Immanuel Kids Medan. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa “Ada
pengaruh yanng signifikan dari metode fonik terhdapa kemampuan membaca
permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Immanuel Kids Medan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Fonik, Kemampuan Membaca Permulaan
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:27
Last Modified: 21 Jul 2025 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60105

Actions (login required)

View Item
View Item