PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Siahaan, Debora Renita Paulina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131039_Cover.pdf] Text
4203131039_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4203131039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4203131039_Abstrak.pdf] Text
4203131039_Abstrak.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4203131039_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131039_Kata_Pengantar.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of 4203131039_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131039_Daftar_Isi.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4203131039_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131039_Daftar_Gambar.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4203131039_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131039_Daftar_Tabel.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4203131039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4203131039_BAB_I.pdf] Text
4203131039_BAB_I.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4203131039_BAB_V.pdf] Text
4203131039_BAB_V.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4203131039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan pada tahun ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa; (2) Untuk mengetahui adanya perbedaan antara minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa; (3) Untuk mengetahui adanya korelasi positif minat siswa terhadap hasil belajar yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 10 Medan. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dan minat siswa pada materi asam basa dengan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen I adalah 88,90 dan kelas eksperimen I adalah 83,12 dan minat pada eksperimen I 86.62 dan minat pada eksperimen II adalah 82,46. Berdasarkan hasil dari penelitian penerapan kedua model tersebut terdapat perbedaan hasil belajar dan minat siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dan inkuiri terbimbing dan adanya korelasi positif antara minat dan hasil belajar yang dibelajarkan dengan model problem based learning dan inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model PBL; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Minat Siswa; Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Feb 2025 04:37
Last Modified: 24 Feb 2025 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60039

Actions (login required)

View Item
View Item