Siahaan, Debora Renita Paulina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131039_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Cover.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of 4203131039_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (267kB)
![[thumbnail of 4203131039_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Abstrak.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 4203131039_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Kata_Pengantar.pdf
Download (356kB)
![[thumbnail of 4203131039_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Daftar_Isi.pdf
Download (177kB)
![[thumbnail of 4203131039_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Daftar_Gambar.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4203131039_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Daftar_Tabel.pdf
Download (73kB)
![[thumbnail of 4203131039_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 4203131039_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_BAB_I.pdf
Download (244kB)
![[thumbnail of 4203131039_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_BAB_V.pdf
Download (216kB)
![[thumbnail of 4203131039_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (254kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan pada tahun ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa; (2) Untuk mengetahui adanya perbedaan antara minat belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa; (3) Untuk mengetahui adanya korelasi positif minat siswa terhadap hasil belajar yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 10 Medan. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar dan minat siswa pada materi asam basa dengan rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen I adalah 88,90 dan kelas eksperimen I adalah 83,12 dan minat pada eksperimen I 86.62 dan minat pada eksperimen II adalah 82,46. Berdasarkan hasil dari penelitian penerapan kedua model tersebut terdapat perbedaan hasil belajar dan minat siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dan inkuiri terbimbing dan adanya korelasi positif antara minat dan hasil belajar yang dibelajarkan dengan model problem based learning dan inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model PBL; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Minat Siswa; Asam Basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 04:37 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60039 |