Chairuna, Chofifah (2024) ANALISIS KOREOGRAFI TARI HADRAH PADA MASYARAKAT DESA DALU X A KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2191141003_Cover.pdf
Download (128kB)
2191141003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (647kB)
2191141003_Abstrak.pdf
Download (209kB)
2191141003_Kata_Pengantar.pdf
Download (414kB)
2191141003_Daftar_Isi.pdf
Download (198kB)
2191141003_Daftar_Gambar.pdf
Download (191kB)
2191141003_Daftar_Tabel.pdf
Download (134kB)
2191141003_BAB_I.pdf
Download (213kB)
2191141003_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (587kB)
2191141003_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
2191141003_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
2191141003_BAB_V.pdf
Download (199kB)
2191141003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (133kB)
2191141003_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis koreografi Tari Hadrah pada masyarakat desa Dalu X A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Analisis Koreografi mengacu pada Teori Y. Sumandiyo Hadi (2012:41)
bahwa koreografi adalah keahlian menciptakan atau menata gerak tari yang meliputi tahapan penggarapan sebagai langkah awal yang terdiri dari bentuk koreografi serta prinsip-prinsip kebentukan seni, yang terdiri dari Unity (Kesatuan
yang utuh), Variasi (Keberagaman), Repetisi (Pengulangan), Transisi (Perpindahan), Rangkaian, Klimaks. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan cara triangulasi.
Penelitian dilaksanakan di Sanggar Perisai, Desa Dalu X A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2024 sampai Maret 2024. Populasi dan Sampel terdiri dari 3 seniman Sanggar Prisai, 5
pemusik dan 5 penari laki-laki di Sanggar Perisai. Hasil dari penelitian ini, diantaranya adalah Kesatuan yang utuh (Unity) yaitu perpaduan sembilan ragam gerak, busana, properti, musik penggiring secara utuh. Keberagaman (Variasi) pada Tari Hadrah adalah berjumlah Sembilan ragam gerak (Ragam 1 Sembah, ragam 2 Ambek Mendai, ragam 3 Segak iman, ragam 4 Berserah, ragam 5 Tengok Kanan-Kiri, ragam 6 Sebar Salam, Ragam 7 Safa’at, ragam 8 Puja Memuja, ragam 9
Sembah Penutup). Pengulangan (Repetisi) terdapat pada setiap ragam Tari Hadrah yaitu Sembah, Ambek Mendai, Segak Iman, Berserah, Tengok Kanan Kiri, Sebar Salam, Safa’at, Puja Memuja, Sembah Penutup. Perpindahan (Transisi) Pada Tari
Hadrah terdapat pada ragam Segak Iman. Rangkaian Tari Hadrah Terdapat pada bentuk keseluruhan gerak , dan Klimaks (Climax) terdapat pada ragam Puja Memuja dan Sembah penutup.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Analisis, Koreografi, Tari Hadrah |
| Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 21 Feb 2025 07:58 |
| Last Modified: | 15 Jul 2025 02:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59992 |
