ANALISIS KOREOGRAFI TARI HADRAH PADA MASYARAKAT DESA DALU X A KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG

Chairuna, Chofifah ANALISIS KOREOGRAFI TARI HADRAH PADA MASYARAKAT DESA DALU X A KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2191141003_Cover.pdf] Text
2191141003_Cover.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 2191141003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2191141003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (647kB)
[thumbnail of 2191141003_Abstrak.pdf] Text
2191141003_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 2191141003_Kata_Pengantar.pdf] Text
2191141003_Kata_Pengantar.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 2191141003_Daftar_Isi.pdf] Text
2191141003_Daftar_Isi.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 2191141003_Daftar_Gambar.pdf] Text
2191141003_Daftar_Gambar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 2191141003_Daftar_Tabel.pdf] Text
2191141003_Daftar_Tabel.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 2191141003_BAB_I.pdf] Text
2191141003_BAB_I.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 2191141003_BAB_V.pdf] Text
2191141003_BAB_V.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 2191141003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2191141003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis koreografi Tari Hadrah
pada masyarakat desa Dalu X A Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli
Serdang. Analisis Koreografi mengacu pada Teori Y. Sumandiyo Hadi (2012:41)
bahwa koreografi adalah keahlian menciptakan atau menata gerak tari yang
meliputi tahapan penggarapan sebagai langkah awal yang terdiri dari bentuk
koreografi serta prinsip-prinsip kebentukan seni, yang terdiri dari Unity (Kesatuan
yang utuh), Variasi (Keberagaman), Repetisi (Pengulangan), Transisi
(Perpindahan), Rangkaian, Klimaks. Jenis penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara,
dan Dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan cara triangulasi.
Penelitian dilaksanakan di Sanggar Perisai, Desa Dalu X A Kecamatan Tanjung
Morawa Kabupaten Deli Serdang. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2024
sampai Maret 2024. Populasi dan Sampel terdiri dari 3 seniman Sanggar Prisai, 5
pemusik dan 5 penari laki-laki di Sanggar Perisai. Hasil dari penelitian ini,
diantaranya adalah Kesatuan yang utuh (Unity) yaitu perpaduan sembilan ragam
gerak, busana, properti, musik penggiring secara utuh. Keberagaman (Variasi) pada
Tari Hadrah adalah berjumlah Sembilan ragam gerak (Ragam 1 Sembah, ragam 2
Ambek Mendai, ragam 3 Segak iman, ragam 4 Berserah, ragam 5 Tengok Kanan-
Kiri, ragam 6 Sebar Salam, Ragam 7 Safa’at, ragam 8 Puja Memuja, ragam 9
Sembah Penutup). Pengulangan (Repetisi) terdapat pada setiap ragam Tari Hadrah
yaitu Sembah, Ambek Mendai, Segak Iman, Berserah, Tengok Kanan Kiri, Sebar
Salam, Safa’at, Puja Memuja, Sembah Penutup. Perpindahan (Transisi) Pada Tari
Hadrah terdapat pada ragam Segak Iman. Rangkaian Tari Hadrah Terdapat pada
bentuk keseluruhan gerak , dan Klimaks (Climax) terdapat pada ragam Puja
Memuja dan Sembah penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis, Koreografi, Tari Hadrah
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:58
Last Modified: 21 Feb 2025 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59992

Actions (login required)

View Item
View Item