PEMBELAJARAN TARI MELALUI AUDIO VISUAL DENGAN METODE DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI SISWA TUNA GRAHITA DI SLB YPAC MEDAN

LUBIS, AHMAD HIDAYAT PEMBELAJARAN TARI MELALUI AUDIO VISUAL DENGAN METODE DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI SISWA TUNA GRAHITA DI SLB YPAC MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2183141008_Cover.pdf] Text
2183141008_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 2183141008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2183141008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (544kB)
[thumbnail of 2183141008_Abstrak.pdf] Text
2183141008_Abstrak.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 2183141008_Kata_Pengantar.pdf] Text
2183141008_Kata_Pengantar.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 2183141008_Daftar_Isi.pdf] Text
2183141008_Daftar_Isi.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 2183141008_Daftar_Gambar.pdf] Text
2183141008_Daftar_Gambar.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 2183141008_Daftar_Tabel.pdf] Text
2183141008_Daftar_Tabel.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 2183141008_BAB_I.pdf] Text
2183141008_BAB_I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 2183141008_BAB_V.pdf] Text
2183141008_BAB_V.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 2183141008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2183141008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (34kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang maksimalnya kemampuan menari siswa
Tunagraita di SLB C YPAC Medan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan menari siswa Tunagrahita di SLB C YPAC Medan melalui pembelajaran tari
menggunakan Audio Visual dengan metode Direct Insruction. Teori yang digunakan
terkait dengan Direct Insruction adalah metodeipembelajaran langsung, dapat iberbentuk
ceramah, demonstrasi, pelatihan atau praktik, dan kerja kelompok((Kardi dan Nur
(2000:27-29). Untuk mengukur kemampuan menari dilihat dari tiga unsur yaitu wiraga,
wirama, dan wirasa (Suryobrongto, 2001:9-11). Jenis penelitian ini adalah deskriptif
kuantitatif melalui penelitian eksperimen. Sampel melibatkan siswa Tunagrahita SLB C
YPAC Medan berjumlah 8 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi
dan dokumentasi proses pembelajaran tari setiap pertemuan. Instrumen penelitian
menggunakan tes praktek. Pembelajaran Tari dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dengan
menggunakan metode Direct Instrukction. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan
siswa dalam melakukan gerak tari secara keseluruhan, kemampuan siswa dalam menguasai
keterampilan sikap dan gerak seluruh tubuh (wiraga), kemampuan siswa dalam melakukan
gerak tari sesuai dengan iringan musik, kemampuan siswa dalam melakukan dinamika
perpindahan gerak tari dengan iringan musik yang selaras dengan ketukan atau irama
(Wirama), kemampuan siswa dalam menguasai penghayatan karakter melalui ekspresi
berdasarkan ragam dan ekspresi yang baik (Wirasa). Dengan metode direct instruction dan
penggunaan media audio visual, siswa tunagragita dapat lebih meningkatkan kemampuan
menari siswa, dilihat dari hasil prestes rata-rata yakni 54,5% dan hasil posttes rata-rata
89,25. Persentase peningkatan kemampuan menari siswa Tunagrahita sebesar 34,75%.
Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai t adalah 32,743 dan df=7. Dapat disimpulkan t hitung
> t table sebesar 32.743>1.630 maka menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Audio Visual, Metode Direct Instruction, Meningkatkan Kemampuan Menari
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Feb 2025 02:11
Last Modified: 21 Feb 2025 02:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59958

Actions (login required)

View Item
View Item