USMAN, SYARAH AMALIYAH PRINSIP-PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA DALAM FITUR CHAT DI APLIKASI OJEK ONLINE. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2193510006_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193510006_Cover.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 2193510006_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193510006_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2193510006_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193510006_Abstrak.pdf
Download (71kB)
![[thumbnail of 2193510006_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193510006_Kata_Pengantar.pdf
Download (124kB)
![[thumbnail of 2193510006_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193510006_Daftar_Isi.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of 2193510006_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193510006_BAB_I.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of 2193510006_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193510006_BAB_V.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of 2193510006_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2193510006_Daftar_Pustaka.pdf
Download (78kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penyimpangan prinsip
kesantunan berbahasa pengemudi dan pelanggan ojek online di aplikasi Gojek,
Grab, dan inDrive, (2) Mendeskripsikan penerapan prinsip kesantunan berbahasa
pengemudi dan pelanggan ojek online di aplikasi Gojek, Grab, dan inDrive.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di
kota Medan. Adapun hasil penelitian ini Terdapat 42 tuturan yang dilakukan
pengemudi dan pelanggan ojek online Gojek, Grab, dan inDrive di kota medan
yang melanggar atau menyimpang dari prinsip kesantunan berbahasa. Bentuk
pelanggaran yang dilanggar adalah maksim kearifan sebanyak 21 tuturan, maksim
kedermawanan sebanyak 11 tuturan, maksim penghargaan sebanyak 2 tuturan,
maksim kerendahan hati sebanyak 1 tuturan, maksim kesepakatan sebanyak 2
tuturan, dan maksim simpati sebanyak 5 tuturan. Terdapat 40 tuturan yang
dilakukan pengemudi dan pelanggan ojek online Gojek, Grab, dan inDrive di kota
Medan yang menerapkan prinsip kesantunan berbahasa. Bentuk penerapan yang
dilakukan adalah maksim kearifan sebanyak 13 tuturan, maksim kedermawanan
sebanyak 6 tuturan, maksim penghargaan sebanyak 2 tuturan, maksim kerendahan
hati sebanyak 5 tuturan, maksim kesepakatan sebanyak 7 tuturan, dan maksim
simpati sebanyak 7 tuturan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penyimpangan, Prinsip, Kesantunan Berbahasa |
Subjects: | P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6001 Arabic > PJ6073 Language |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:56 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59927 |