PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA

BR TARIGAN, ALPIANI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2203111025_Cover.pdf] Text
2203111025_Cover.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 2203111025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2203111025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2203111025_Abstrak.pdf] Text
2203111025_Abstrak.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2203111025_Kata_Pengantar.pdf] Text
2203111025_Kata_Pengantar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 2203111025_Daftar_Isi.pdf] Text
2203111025_Daftar_Isi.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2203111025_Daftar_Tabel.pdf] Text
2203111025_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2203111025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2203111025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 2203111025_BAB_I.pdf] Text
2203111025_BAB_I.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 2203111025_BAB_V.pdf] Text
2203111025_BAB_V.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2203111025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2203111025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan memahamai unsur teks
negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka dengan menggunakan model
pembelajaran market place activity; (2) Untuk mengetahui kemampuan
memahamai unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka tanpa
menggunakan model pembelajaran market place activity; (3) Untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran market place activity terhadap kemampuan
memahamai unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Merdeka
yang berjumlah 104 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
TKR-1 (kelas kontrol) dan X TKR-3 (kelas eksperimen) yang masing-masih
berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan bentuk quasi eksperiment. Dalam penelitian ini, desain penelitian adalah
post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes unjuk kerja yang berupa post-test.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan memahami unsur teks negosiasi
siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka menggunakan model pembelajaran market
place activity tergolong kategori cukup dengan nilai mean 71,62; (2)
Kemampuan memahami unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1
Merdeka menggunakan model pembelajaran ekspositori tergolong kategori kurang
dengan nilai mean 52,20; (3) Ditemukan nilai mean yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang mengindikasikan model pembelajaran market
place activity lebih efektif dalam meningkatkan kemampauan memahami unsur
teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka. Melalui pengujian
hipotesis diperoleh Thitung= 5,58 dan Ttabel=1,99. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Thitung>Ttabel yaitu 5,58>1,99 sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran market place
activity terhadap kemampuan memahami unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK
Negeri 1 Merdeka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Memahami, Model Pembelajaran Market Place Activity, Unsur Teks Negosiasi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 19 Feb 2025 03:17
Last Modified: 19 Feb 2025 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59795

Actions (login required)

View Item
View Item