BR TARIGAN, ALPIANI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2203111025_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_Cover.pdf
Download (167kB)
![[thumbnail of 2203111025_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 2203111025_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_Abstrak.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 2203111025_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_Kata_Pengantar.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 2203111025_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_Daftar_Isi.pdf
Download (69kB)
![[thumbnail of 2203111025_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
![[thumbnail of 2203111025_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_Daftar_Lampiran.pdf
Download (50kB)
![[thumbnail of 2203111025_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_BAB_I.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 2203111025_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_BAB_V.pdf
Download (82kB)
![[thumbnail of 2203111025_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2203111025_Daftar_Pustaka.pdf
Download (105kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan memahamai unsur teks
negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka dengan menggunakan model
pembelajaran market place activity; (2) Untuk mengetahui kemampuan
memahamai unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka tanpa
menggunakan model pembelajaran market place activity; (3) Untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran market place activity terhadap kemampuan
memahamai unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR di SMK Negeri 1 Merdeka
yang berjumlah 104 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X
TKR-1 (kelas kontrol) dan X TKR-3 (kelas eksperimen) yang masing-masih
berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan bentuk quasi eksperiment. Dalam penelitian ini, desain penelitian adalah
post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes unjuk kerja yang berupa post-test.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan memahami unsur teks negosiasi
siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka menggunakan model pembelajaran market
place activity tergolong kategori cukup dengan nilai mean 71,62; (2)
Kemampuan memahami unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1
Merdeka menggunakan model pembelajaran ekspositori tergolong kategori kurang
dengan nilai mean 52,20; (3) Ditemukan nilai mean yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol yang mengindikasikan model pembelajaran market
place activity lebih efektif dalam meningkatkan kemampauan memahami unsur
teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka. Melalui pengujian
hipotesis diperoleh Thitung= 5,58 dan Ttabel=1,99. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa Thitung>Ttabel yaitu 5,58>1,99 sehingga H0 ditolak dan Ha
diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran market place
activity terhadap kemampuan memahami unsur teks negosiasi siswa kelas X SMK
Negeri 1 Merdeka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Memahami, Model Pembelajaran Market Place Activity, Unsur Teks Negosiasi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 03:17 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59795 |