DESAIN EVALUASI MATERI AJAR TOR-TOR HATASOPISIK BERBASIS HOTS DALAM BENTUK DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

SIMARMATA, LENTIANA R (2024) DESAIN EVALUASI MATERI AJAR TOR-TOR HATASOPISIK BERBASIS HOTS DALAM BENTUK DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2192441001_Cover.pdf] Text
2192441001_Cover.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 2192441001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2192441001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2192441001_Abstrak.pdf] Text
2192441001_Abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 2192441001_Kata_Pengantar.pdf] Text
2192441001_Kata_Pengantar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 2192441001_Daftar_Isi.pdf] Text
2192441001_Daftar_Isi.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 2192441001_Daftar_Gambar.pdf] Text
2192441001_Daftar_Gambar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 2192441001_Daftar_Tabel.pdf] Text
2192441001_Daftar_Tabel.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 2192441001_BAB_I.pdf] Text
2192441001_BAB_I.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 2192441001_BAB_V.pdf] Text
2192441001_BAB_V.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 2192441001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2192441001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain evaluasi Tortor Hatasopisik
berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz untuk Sekolah Menengah Atas
(SMA). Pembuatan desain evaluasi materi Tortor Hatasopisik mengacu pada
silabus KD 3.1 yaitu memahami konsep, tehnik dan prosedur dalam meniru ragam
gerak tradisi dan KD 4.1 yaitu memperagakan gerak tari tradisi berdasarkan konsep
tehnik dan prosedur sesuai dengan hitungan. Teori desain evaluasi menurut Dick &
Carey: “Desain evaluasi adalah sebuah rancangan, rencana atau sebuah gagasan,”
dan teori materi ajar menurut Handayani (2011), “materi yang diperlukan siswa
untuk memperoleh pembentukan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang di
perlukan untuk memenuhi standar kompetensi yang sudah ditetapkan.” Penelitian
ini dilakukan di Prodi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri
Medan pada bulan Juni – Agustus. Model penelitian ini adalah dua orang mahasiwa
dari Prodi Pendidikan Tari. Metodologi penelitian menggunakan model
pengembangan ADDIE. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Instrument validasi materi dan media yang dilakukan oleh ahli materi dan media
untuk menilai kelayakan produk. Hasil uji kelayakan dari ahli media 4,5 dan hasil
uji validasi materi 4,6 dengan kategori sangat baik. Setelah produk di validasi sudah
di ujicoba kelompok kecil pada 4 orang siswa, hasil ujicoba tersebut mendapat skor
(4,6), (4,8), (4,9), (4,7) dengan kategori sangat baik. Skor tersebut membuktikan
bahwa produk LKPD dapat dinyatakan efektif dan sudah sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Desain Evaluasi, Tortor Hatasopisik, LKPD
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:42
Last Modified: 14 Feb 2025 08:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59715

Actions (login required)

View Item
View Item