PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN

Sitohang, Sheren Oktavia (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311062_Cover.pdf] Text
4193311062_Cover.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 4193311062_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311062_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4193311062_Abstrak.pdf] Text
4193311062_Abstrak.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 4193311062_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311062_Kata_Pengantar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4193311062_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311062_Daftar_Isi.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4193311062_BAB_I.pdf] Text
4193311062_BAB_I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4193311062_BAB_V.pdf] Text
4193311062_BAB_V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4193311062_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311062_Daftar_Pustaka.pdf

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatife tipe STAD. (2) Mendeskripsikan ketuntasan klasikal siswa terhadap pemahaman konsep matematik siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negri 27 Medan yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi mengenal bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes kemampuan pemahaman konsep diberikan pada setiap akhir siklus. Peningkatan diperoleh melalui skor rata-rata siswa dari 48,89 dalam kategori rendah meningkat pada siklus I menjadi 65,97 dalam kategori sedang serta meningkat pada siklus II menjadi 85,32 dalam kategori tinggi.Peningkatan juga diperoleh dari kemampuan pemahaman konsep secara klasikal 13 orang dari 32 siswa (40,625%) belum mencapai ketuntasan klasikal,pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 orang dari 32 siswa (90,625%) telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena ≥ 85% dari jumlah siswa yang mengikuti tes telah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep matematik siswa Kelas VII-7 SMP Negeri 27 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Tipe STAD, Pemahaman Konsep Matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Feb 2025 03:26
Last Modified: 14 Feb 2025 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59689

Actions (login required)

View Item
View Item