ANALISIS HASIL MENGGAMBAR ILUSTRASI HEWAN KELAS VIII SMP NEGERI 6 KISARAN BERDASARKAN PRINSIP KOMPOSISI, PROPORSI DAN GELAP TERANG

FADHILAH, RIZQOH (2024) ANALISIS HASIL MENGGAMBAR ILUSTRASI HEWAN KELAS VIII SMP NEGERI 6 KISARAN BERDASARKAN PRINSIP KOMPOSISI, PROPORSI DAN GELAP TERANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193151007_Cover.pdf] Text
2193151007_Cover.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 2193151007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193151007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 2193151007_Abstrak.pdf] Text
2193151007_Abstrak.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 2193151007_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193151007_Kata_Pengantar.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 2193151007_Daftar_Isi.pdf] Text
2193151007_Daftar_Isi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 2193151007_Daftar_Gambar.pdf] Text
2193151007_Daftar_Gambar.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 2193151007_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193151007_Daftar_Tabel.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2193151007_BAB_I.pdf] Text
2193151007_BAB_I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 2193151007_BAB_V.pdf] Text
2193151007_BAB_V.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 2193151007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193151007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk melihat dan mendeskripsikan hasil karya gambar
ilustrasi hewan yang dibuat oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kisaran, mana
karya siswa yang mempunyai ketepatan gambar ilustrasi yang tepat dan yang
masih kurang tepat berdasarkan pada prinsip komposisi, proporsi dan gelap
terang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh hasil karya siswa kelas VIII di SMP Negeri 6
Kisaran yang berjumlah 185 karya siswa dengan jumlah total 6 kelas yaitu kelas
VIII-1: 32 siswa, kelas VIII-2: 32 siswa, VIII-3: 32 siswa, kelas VIII-4: 29 siswa,
VIII-5: 29 siswa, dan kelas VIII-6: 31 siswa. Teknik pengambilan sample yang
digunakan yaitu Simple Random Sampling. Maka penelitian dilakukan hanya pada
satu kelas saja yaitu kelas VIII-1 yang memiliki siswa yang berjumlah 32 orang.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan
metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisis secara
keseluruhan gambar ilustrasi hewan karya siswa berdasarkan prinsip komposisi,
proporsi dan gelap terang sudah cukup baik. Untuk pengaplikasian prinsip
proporsi, rata-rata siswa sudah baik dalam menyesuaikan proporsi hewan tersebut,
walaupun masih terdapat sebagian siswa yang masih kurang dalam penyesuaian
ukuran kepala dengan badan dan perbandingan besar hewan yang berada di depan
dengan hewan yang berada di belakang. Untuk pengaplikasian prinsip komposisi,
rata-rata siswa sudah baik dalam memposisikan hewan yang digunakan sebagai
objek utama dan beberapa elemen-elemen lainnya seperti pepohonan, bukit,
semak-semak dan lain-lain. Posisi gambar kambing yang dibuat oleh siswa ratarata
sudah hampir tepat berada di tengah kertas gambar. Untuk pengaplikasian
prinsip gelap terang, rata-rata siswa sudah cukup baik, walaupun masih terdapat
sebagian siswa yang masih belum berani dengan tegas mengarsir bayangan hewan
tersebut dengan maksimal, akan tetapi sebagian siswa sudah mengetahui arah
intensitas cahaya sehingga dapat menentukan arah bayangan akan dijatuhkan.
Pada hasil karya siswa juga rata-tara sudah hampir sesuai penggambaran dengan
tema yang diberikan, dari segi kemiripan dengan gambar yang di berikan, dan
juga teknik pengarsiran pada gambar. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu
penilaian paling tinggi dari segi prinsip komposisi dengan nilai rata-rata 83,69
kemudian dilanjut dengan prinsip proporsi dengan nilai rata-rata 80,26 dan yang
memperoleh penilaian paling rendah yaitu prinsip gelap terang dengan nilai ratarata
79,42.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: ilustrasi, kartun, arsir, hewan, prinsip-prinsip seni rupa.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 13 Feb 2025 08:35
Last Modified: 13 Feb 2025 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59674

Actions (login required)

View Item
View Item