ALIYA, FATIYA (2024) PERANCANGAN MASKOT SEBAGAI IDENTITAS VISUAL DALAM UPAYA MENDUKUNG BRAND IDENTITY DAN MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 2181151011_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Cover.pdf
Download (63kB)
![[thumbnail of 2181151011_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (840kB)
![[thumbnail of 2181151011_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Abstrak.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of 2181151011_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Kata_Pengantar.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of 2181151011_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Daftar_Isi.pdf
Download (270kB)
![[thumbnail of 2181151011_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Daftar_Gambar.pdf
Download (351kB)
![[thumbnail of 2181151011_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Daftar_Tabel.pdf
Download (31kB)
![[thumbnail of 2181151011_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 2181151011_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_BAB_I.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of 2181151011_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_BAB_V.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 2181151011_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2181151011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (315kB)
Abstract
Universitas Negeri Medan (Unimed) merupakan salah satu Lembaga Perguruan
Tinggi Negeri di Medan, yang telah berdiri sejak 23 Juni 1963. Namun, Unimed
masih belum memiliki brand identity yang kuat, dimana hal ini dapat berdampak
pada rendahnya awareness/kesadaran terhadap identitas Unimed itu sendiri. Dalam
upaya meningkatkan awareness terhadap identitas Unimed, dibutuhkan brand
identity berupa maskot yang mampu merepresentasikan identitas Unimed. Maskot
sebagai brand identity dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas, sekaligus
meningkatkan brand awareness pada civitas akademika maupun masyarakat
setempat melalui keunikan pendekatan visual yang dimiliki maskot, sehingga dapat
menjangkau emosi publik yang dengan lebih efektif. Oleh karena itu, penelitian ini
bertujuan untuk merancang maskot sebagai upaya mendukung brand identity serta
meningkatkan brand awareness pada Unimed. Proses perancangan desain terdiri
dari beberapa tahapan antara lain yakni melakukan penelitian, memperjelas strategi,
merancang identitas, menciptakan titik sentuh, dan mengelola aset. Hasil dari
perancangan ini adalah berupa desain karakter maskot dengan 10 alternatif gaya
dan pilihan kostum serta beberapa modifikasi visual yang terinsipirasi dari bentuk
burung Beo Nias, dimana karakter maskot merepresentasikan nilai-nilai identitas
dari Universitas Negeri Medan berupa visi, misi, dan tujuan, serta nilai-nilai
kebudayaan yang ada di Sumatera Utara. Hasil rancangan maskot juga diterapkan
dalam bentuk mock up merchandise yakni berupa Hoodie, T-Shirt, Mug, tumbler,
dan juga Stiker.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Maskot, Identitas, Brand awareness, Universitas Negeri Medan |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX440 History of the arts |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:51 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59658 |