Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI di MA Muhammadiyah 1 Medan

Handayani, Rizki (2024) Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI di MA Muhammadiyah 1 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202111005_Cover.pdf] Text
4202111005_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4202111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202111005_Abstrak.pdf] Text
4202111005_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4202111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of 4202111005_Daftar_Isi.pdf] Text
4202111005_Daftar_Isi.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4202111005_BAB_I.pdf] Text
4202111005_BAB_I.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4202111005_BAB_V.pdf] Text
4202111005_BAB_V.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4202111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, perlu diketahui faktor afektif yang berperan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, seperti kemandirian dan kepercayaan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis ada tidaknya pengaruh antara kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, Menganalisis ada tidaknya pengaruh antara kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan Menganalisis ada tidaknya pengaruh antara kepercayaan diri dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas 11 di MA Muhammadiyah 1 Medan pada tahun akademik 2023-2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi dengan metodologi kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel cluster, dengan total ukuran sampel 31 siswa. Studi ini mengumpulkan data menggunakan kuesioner dan tes. Kuesioner kepercayaan diri dan kemandirian belajar, dan tes kemampuan komunikasi matematika merupakan instrumen yang digunakan pada penelitian ini. Analisis regresi ganda digunakan sebagai teknik analisis data pada penelitian ini. Hasil analisis: kepercayaan diri memberikan pengaruh terhadap komunikasi matematis dengan nilai ���.0,025 dan nilai thitung 2,337; kemandirian belajar memberikan pengaruh terhadap komunikasi matematis dengan nilai ���.0,012 dan nilai thitung 2,512; kepercayaan diri dan kemandirian belajar secara simultan memiliki pengaruh yang terhadap komunikasi matematis dengan nilai ���.0,000 dan nilai Fhitung 22,087; dan diperoleh koefisien determinasi dengan nilai 0,612 hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan kemandirian belajar secara simultan mempengaruhi komunikasi matematis sebesar 61,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:41
Last Modified: 06 Feb 2025 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59637

Actions (login required)

View Item
View Item