Ritonga, Nurhayati Hazmar (2024) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tunarungu pada Materi Segiempat di SLB Negeri Pembina Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4173111058_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_Cover.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 4173111058_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (428kB)
![[thumbnail of 4173111058_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_Abstrak.pdf
Download (185kB)
![[thumbnail of 4173111058_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_Kata_Pengantar.pdf
Download (143kB)
![[thumbnail of 4173111058_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_Daftar_Isi.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 4173111058_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_Daftar_Isi.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 4173111058_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_BAB_I.pdf
Download (320kB)
![[thumbnail of 4173111058_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_BAB_V.pdf
Download (367kB)
![[thumbnail of 4173111058_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173111058_Daftar_Pustaka.pdf
Download (189kB)
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi keterampilan komunikasi matematis siswa tuna rungu di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Medan dengan menggunakan model Think Pair Share. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model tersebut efektif meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, dengan partisipasi yang lebih aktif dalam pemecahan masalah menggunakan berbagai strategi seperti bahasa isyarat dan bahasa tubuh. Uji coba pada 20 siswa kelas delapan menunjukkan 9 siswa memiliki keterampilan komunikasi rendah, 9 siswa memiliki keterampilan cukup, dan 2 siswa memiliki keterampilan tinggi. Penelitian ini menekankan pentingnya interaksi sosial dan kolaborasi dalam pendidikan matematika bagi siswa tuna rungu, yang berkontribusi pada strategi pengajaran inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus. Secara keseluruhan, model Think Pair Share terbukti bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman siswa tuna rungu terhadap konsep segi empat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran, Tunarungu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:07 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59508 |