Simangunsong, Romson (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK PARULIAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113122042 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM 5113122042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM 5113122042 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM 5113122042 PRECACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM 5113122042TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM 5113122042 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 5113122042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 5113122042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 5113122042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
13. NIM 5113122042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
14. NIM 5113122042 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Sistem Kelistrikan pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Parulian 3 Medan tahun ajaran 2015/2016. Sistem Kelistrikan merupakan salah satu program mata diklat pada pendidikan menengah kejuruan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Kelistrikan pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 SMK Parulian 3 Medan yang terdiri dari 30 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Sistem Kelistrikan pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Parulian 3 Medan. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 76,67% pada siklus I dan 86,67% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 78,17 pada siklus I dan 83,75 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTO 008 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw; Hasil Belajar; Sistem Kelistrikan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 06:36 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5950 |