Pengaruh Model Case Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas XI SMK YAPIM BIRU-BIRU

Silaban, Putri Dinda Resta (2024) Pengaruh Model Case Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen pada Siswa Kelas XI SMK YAPIM BIRU-BIRU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2202411010_Cover.pdf] Text
2202411010_Cover.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of 2202411010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2202411010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of 2202411010_Kata_Pengantar.pdf] Text
2202411010_Kata_Pengantar.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 2202411010_Daftar_Isi.pdf] Text
2202411010_Daftar_Isi.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of 2202411010_Daftar_Tabel.pdf] Text
2202411010_Daftar_Tabel.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 2202411010_Daftar_Gambar.pdf] Text
2202411010_Daftar_Gambar.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 2202411010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2202411010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (650kB)
[thumbnail of 2202411010_BAB_I.pdf] Text
2202411010_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2202411010_BAB_V.pdf] Text
2202411010_BAB_V.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of 2202411010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2202411010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (646kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Based Learning terhadap kemampuan menulis teks cerpen pada kelas XI SMK YAPIM BIRU-BIRU. Populasi penelitian ini melibatkan semua siswa di kelas XI TKJ SMK YAPIM BIRU-BIRU berjumlah 121 siswa, dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 30 siswa pada kelas kontrol dengan penerapan model konvensional, dan 30 siswa kelas eksperimen dengan model penerapan Case Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes uraian. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes
hasil belajar siswa dalam menulis teks cerpen. Berdasarkan hasil tes, maka dapat disimpulkan hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis teks cerpen menggunakan model konvensional pada kelas XI TKJ-2 berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 53,5 dari 30 siswa. Kedua, kemampuan menulis teks cerpen menggunakan model Case Based Learning pada kelas XI TKJ- 2 berada pada kategori sangat baik dengan persentase 83,83 dari 30 siswa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai kemampuan menulis teks cerpen pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Ketiga, melalui pengujian
hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha), karena t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 11,864 lebih besar dari 1,699. Dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan bahwa model Case Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerpen kelas XI TKJ SMK YAPIM BIRU-BIRU.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Case Based Learning; Kemampuan Menulis; Cerpen
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:42
Last Modified: 05 Feb 2025 01:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59473

Actions (login required)

View Item
View Item