Siagian, Perlita Herlina (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Berpikir Aras Tinggi pada Teks Berita Kelas VIII. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
2182111007_Cover.pdf
Download (189kB)
2182111007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
2182111007_Kata_Pengantar.pdf
Download (169kB)
2182111007_Daftar_Isi.pdf
Download (104kB)
2182111007_Daftar_Tabel.pdf
Download (95kB)
2182111007_Daftar_Gambar.pdf
Download (60kB)
2182111007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (67kB)
2182111007_BAB_I.pdf
Download (392kB)
2182111007_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (800kB)
2182111007_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (421kB)
2182111007_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
2182111007_BAB_V.pdf
Download (149kB)
2182111007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (184kB)
2182111007_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan materi ajar teks berita melalui LKPD berbasis kemampuan berpikir aras tinggi untuk kelas VIII SMP. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE terdiri dari
tahap analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development). Tahap yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa siswa Kelas VIII di SMP Swasta GKPI Padang Bulan sangat tertarik dan membutuhkan produk LKPD dalam pembelajaran. Hal tersebut diperoleh melalui data angket analisis kebutuhan siswa terhadap kebutuhan LKPD berbasis kemampuan berpikir aras tinggi dengan presentasi 100%. Melalui data analisis kebutuhan tersebut pengembangan LKPD didesain dan divalidasi oleh
ahli materi, ahli desain, dan tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Pengembangan LKPD berbasis kemampuan berpikir aras tinggi pada teks berita kelas VIII” termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Validasi ahli materi 80,7% kategori “layak”, validasi ahli desain 80% kategori “layak”, penilaian guru bidang studi 92,5% persen kategori “sangat
layak”, dengan presentase akhir 84,4% dalam kategori “sangat layak” Oleh karena itu, produk ini layak digunakan dalam proses pendidikan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pengembangan LKPD; Teks Berita; Berpikir Aras TInggi |
| Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 04 Feb 2025 08:37 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 07:43 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59472 |
