Pengaruh Penggunaan Metode Brainwriting Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa VIII UPT Smp 30 Medan

Sinambela, Desy Ratna Sari (2024) Pengaruh Penggunaan Metode Brainwriting Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa VIII UPT Smp 30 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2193111038_Cover.pdf] Text
2193111038_Cover.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 2193111038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2193111038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 2193111038_Kata_Pengantar.pdf] Text
2193111038_Kata_Pengantar.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 2193111038_Daftar_Isi.pdf] Text
2193111038_Daftar_Isi.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 2193111038_Daftar_Tabel.pdf] Text
2193111038_Daftar_Tabel.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 2193111038_Daftar_Lampiran.pdf] Text
2193111038_Daftar_Lampiran.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 2193111038_BAB_I.pdf] Text
2193111038_BAB_I.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 2193111038_BAB_V.pdf] Text
2193111038_BAB_V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 2193111038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2193111038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode brainwriting terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 30 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII dengan populasi
berjumlah 284 siswa dan sampel sebanyak 61 siswa yang terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dari lapangan adalah tes menulis , yaitu kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengelolaan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode brainwriting terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 30 Medan. Setelah menghitung dan mengelola data dari penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh nilai rata –rata kedua kelas yaitu dengan jumlah 82,71 untuk kelas eksperimen dan jumlah 68,83 kelas kontrol. hasil thitung = 4,12, selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan cara siginifikan = 0,05, maka diperoleh ttabel 2,045. Dengan demikian dapat diketahui
bahwa thitung > ttabel yaitu 4,12 > 2,045. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode brainwriting berpengaruh
terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 30 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: brainwriting; teks persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:42
Last Modified: 05 Feb 2025 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59439

Actions (login required)

View Item
View Item