PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DELI TUA TAHUN AJARAN 2023/2024

NASUTION, DALILA FAUZA (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DELI TUA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191151022_Cover.pdf] Text
1191151022_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1191151022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191151022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 1191151022_Abstrak.pdf] Text
1191151022_Abstrak.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1191151022_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191151022_Kata_Pengantar.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 1191151022_Daftar_Isi.pdf] Text
1191151022_Daftar_Isi.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1191151022_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191151022_Daftar_Gambar.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 1191151022_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191151022_Daftar_Tabel.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 1191151022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191151022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 1191151022_BAB_I.pdf] Text
1191151022_BAB_I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 1191151022_BAB_V.pdf] Text
1191151022_BAB_V.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 1191151022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191151022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik
role playing tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian
Pre-Eksperimen dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini
adalah 10 orang siswa kelas XI-MIPA. Data penelitian ini dikumpulkan dengan
menggunakan angket sopan santun yang berjumlah 30 item pertanyaan yang telah
valid dan nilai reliabilitas angket perilaku sopan santun r11 sebesar 0.841 atau
berkategori sangat reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah diberikan
layanan bimbingan kelompok. Analisis data yang digunakan adalah dengan
menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan
pemberian bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing.
Subjek atau responden dan diperoleh hasil skor total pre-test (sebelum diberikan
layanan) sebesar 560 dan total post-test (sesudah diberikan layanan) sebesar 965.
Artinya bahwa seluruh subjek atau responden mengalami peningkatan sopan
santun sebesar 41.97%. Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon nilai Jhitung =
26.5 dengan α = 0.05 dan n = 10 sehingga nilai Jtabel adalah 8. Dari data tersebut
dapat diketahui bahwa Jhitung > Jtabel yang di mana 26.5 > 8. sesuai dengan kriteria
penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel di mana
26.5 > 8 dari perhitungan ini dapat dilihat pelaksanaan pada kelompok eksperimen
artinya diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok teknik role playing Kelas XI-MIPA di SMAN-1 Deli Tua
Tahun Ajaran 2023/2024” .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Perilaku Sopan Santun
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:48
Last Modified: 04 Feb 2025 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59432

Actions (login required)

View Item
View Item