EKSPLORASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA MELALUI ALAT UNGKAP MASALAH (AUM) PTSDL DI SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN DAN UPAYA MENGATASINYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

SANI, ALFIAN (2024) EKSPLORASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA MELALUI ALAT UNGKAP MASALAH (AUM) PTSDL DI SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN DAN UPAYA MENGATASINYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1183351010_Cover.pdf] Text
1183351010_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 1183351010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1183351010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1183351010_Abstrak.pdf] Text
1183351010_Abstrak.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 1183351010_Kata_Pengantar.pdf] Text
1183351010_Kata_Pengantar.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1183351010_Daftar_Isi.pdf] Text
1183351010_Daftar_Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 1183351010_Daftar_Gambar.pdf] Text
1183351010_Daftar_Gambar.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1183351010_Daftar_Tabel.pdf] Text
1183351010_Daftar_Tabel.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1183351010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1183351010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1183351010_BAB_I.pdf] Text
1183351010_BAB_I.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 1183351010_BAB_V.pdf] Text
1183351010_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1183351010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1183351010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (256kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan masalah
belajar yang dialami siswa melalui AUM PTSDL. Penelitian ini menggunakan
metode studi kasus eksplorasi dengan pendekatan menggunakan metode studi
kasus kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 2
Rantau Selatan sebanyak 32 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan
AUM PTSDL SLTA edisi terbaru format 3. Data AUM PTSDL diolah dengan
bantuan program Microsoft Excel dan dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen masalah
belajar yang dialami siswa kelas X melalui pengadministrasian AUM PTSDL,
antara lain: komponen prasyarat penguasaan materi pelajaran (P) sebanyak 233
masalah dengan rata-rata 7,3 masalah; komponen keterampilan belajar (T) sebanyak
712 dengan rata-rata 23,3 masalah; komponen sarana belajar (S) sebanyak 156
dengan rata-rata 4,9 masalah; komponen kondisi diri pribadi (D) sebanyak 255
dengan rata-rata 8,0 masalah; komponen kondisi lingkungan dan sosio-emosional
(L) sebanyak 309 masalah dengan rata-rata 9,7 masalah. Besarnya persentase
komponen masalah belajar yang dialami siswa kelas X secara berturut-turut yaitu
pada komponen prasyarat penguasaan materi pelajaran (P) sebesar 36,4%;
komponen sarana belajar (S) sebesar 32,5%; komponen kondisi lingkungan dan
sosio-emosional (L) sebesar 32,2%; komponen keterampilan belajar (T) sebesar
27,8%; dan komponen kondisi diri pribadi (D) sebesar 26,6%. Upaya guru dalam
mengatasi masalah belajar yang dialami siswa berdasarkan hasil pengolahan AUM
PTSDL yaitu melalui layanan bimbingan kelompok dengan tujuan melatih siswa
agar lebih berani mengemukakan pendapatnya di hadapan siswa lainnya, melatih
siswa bersikap terbuka di dalam kelompok, membina keakraban bersama siswa
lainnya, melatih siswa agar mempunyai tenggang rasa dengan orang lain, serta
membantu siswa dalam mengenali dan memahami dirinya dalam hubungannya
dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Masalah Belajar, AUM PTSDL, SMA, Eksplorasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:19
Last Modified: 04 Feb 2025 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59415

Actions (login required)

View Item
View Item