PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII

Husain, Yasmin Khamila (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111083_Cover.pdf] Text
4193111083_Cover.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4193111083_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111083_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4193111083_Abstrak.pdf] Text
4193111083_Abstrak.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 4193111083_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111083_Kata_Pengantar.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 4193111083_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111083_Daftar_Isi.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4193111083_BAB_I.pdf] Text
4193111083_BAB_I.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 4193111083_BAB_V.pdf] Text
4193111083_BAB_V.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4193111083_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111083_Daftar_Pustaka.pdf

Download (531kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Swasta Al Razi Sinar Harapan Medan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Al Razi Sinar Harapan Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tes dilakukan sebanyak tiga kali, yaitu tes awal, tes kemampuan berpikir kreatif matematis I, dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis II. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dapat dilihat dari hasil tes awal hanya sebanyak 12% siswa yang tuntas tetapi pada tes akhir siklus I mengalami peningkatan secara klasikal dengan memperoleh sebanyak 44% siswa tuntas. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatkan lebih lanjut dengan tingkat ketuntasan klasikal pada tes akhir siklus II mencapai 92%. Rata-rata N-Gain sebesar 0,50 menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Swasta Al Razi Sinar Harapan Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Masalah, Geogebra, Kreatif, N-Gain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:30
Last Modified: 03 Feb 2025 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59403

Actions (login required)

View Item
View Item