PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP

Zuhaira, Isna (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171111027_Cover.pdf] Text
4171111027_Cover.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4171111027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171111027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of 4171111027_Abstrak.pdf] Text
4171111027_Abstrak.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4171111027_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171111027_Kata_Pengantar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4171111027_Daftar_Isi.pdf] Text
4171111027_Daftar_Isi.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of 4171111027_BAB_I.pdf] Text
4171111027_BAB_I.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 4171111027_BAB_V.pdf] Text
4171111027_BAB_V.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4171111027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171111027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

Ini adalah hasil penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa di MTs Kesuma LKMD menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII MTs LKMD Jati Kesuma pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, dengan total 28
siswa/i terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswi perempuan. Instrument Penilaian
yang digunakan ialah Lembar Observasi, Tes dan Dokumentasi. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang terdiri dari tahapan
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilakukan secara kolaboratif,
dimana peneliti bekerja sama dengan guru matematika kelas VII MTs Kesuma LKMD dengan
materi Sistem Persamaan Linier Dua Variable (SPLDV) untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa dengan ketuntasan belajar mencapai 70%. Pada siklus I,
nilai rata-rata kelas VIII-a dalam tes kemampuan pemecahan masalah matematis adalah 58,33,
yang meningkat menjadi 73,45 pada siklus II, menghasilkan peningkatan sebesar 15,12 poin.
Peningkatan ini tercermin dari setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematika dari
siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Student Team Achievement Divisions (STAD), Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:11
Last Modified: 31 Jan 2025 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59357

Actions (login required)

View Item
View Item