ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME

Febindayanti, Azzahra (2024) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111027_Cover.pdf] Text
4203111027_Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4203111027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4203111027_Abstrak.pdf] Text
4203111027_Abstrak.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 4203111027_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111027_Kata_Pengantar.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 4203111027_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111027_Daftar_Isi.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4203111027_BAB_I.pdf] Text
4203111027_BAB_I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4203111027_BAB_V.pdf] Text
4203111027_BAB_V.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4203111027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang rendahnya pemahaman konsep matematika
siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sei Kepayang Barat, yang terdiri dari 23 siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep
matematika siswa dan mengidentifikasi kesulitan yang mereka hadapi dalam
pembelajaran berbasis konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara, lalu dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 13% siswa memiliki
kemampuan sangat tinggi, 34,8% tinggi, 43,5% sedang, 4,3% rendah, dan 4,3% sangat
rendah. Kesulitan yang dialami siswa meliputi kesulitan dalam memberikan contoh
dari suatu konsep dan menentukan hubungan antar konsep dalam pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemahaman Konsep, Berbasis Konstruktivisme, Kesulitan Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:49
Last Modified: 31 Jan 2025 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59310

Actions (login required)

View Item
View Item