PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PLICKERS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP PRAYATNA MEDAN

Nainggolan, Atsnaini Zahro (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PLICKERS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111029_Cover.pdf] Text
4203111029_Cover.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 4203111029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 4203111029_Abstrak.pdf] Text
4203111029_Abstrak.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 4203111029_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111029_Kata_Pengantar.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 4203111029_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111029_Daftar_Isi.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4203111029_BAB_I.pdf] Text
4203111029_BAB_I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4203111029_BAB_V.pdf] Text
4203111029_BAB_V.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of 4203111029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media plickers terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (2) seberapa besar pengaruh discovery learning berbantuan media plickers terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (3) kategori rata-rata peningkatan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media plickers pada materi Teorema Phytagoras kelas VIII SMP Prayatna Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan koresional. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh sampelnya yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Prayatna Medan T.A 2023/2024. Insturem yang digunakan yaitu angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dengan hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung = 30,650, dengan nilai signifikansi = 0,000. Berarti nilai Sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Maka kriteria H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, (1) terdapat pengaruh yang dari model pembelajaran discovery learning berbantuan media plickers, (2) dapat dilihat besar pengaruh yang menggunakan koefisien determinasi didapatkan sebesar 0,523 atau 52,3%. Serta (3) diperoleh kategori rata-rata peningkatan melalui uji n-gain dengan kategori sedang sebesar 0,64.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 516.071 2 Nai p
Keywords: Discovery learning; Media plickers; Berpikir kritis; Teorema phytagoras
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:37
Last Modified: 26 May 2025 03:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59307

Actions (login required)

View Item
View Item