PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANGARIBUAN

Harianja, Anrygif Fantri (2024) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANGARIBUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171111008_Cover.pdf] Text
4171111008_Cover.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4171111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 4171111008_Abstrak.pdf] Text
4171111008_Abstrak.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4171111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 4171111008_Daftar_Isi.pdf] Text
4171111008_Daftar_Isi.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 4171111008_BAB_I.pdf] Text
4171111008_BAB_I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4171111008_BAB_V.pdf] Text
4171111008_BAB_V.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 4171111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi siswa dengan menerapkan model pembelajaran project
based learning berbantuan alat peraga sederhana di kelas VIII-5 SMP Negeri 1
Pangaribuan T. A 2023/2024. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-
5 SMP N 1 Pangaribuan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah lembar observasi guru, tes kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu
diberikan tes awal dan disetiap akhir sikluk diberikan tes kemampuan Berpikir
Tingkat Tinggi siswa. Hasil tes kemampuan tingkat tinggi siswa mengalami
peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal
diperoleh 4 dari 20 siswa (20%) tuntas dan rata-rata tes kemampuan diperoleh 56,29
dengan kategori tingkat kemampuan sangat rendah. Kemudian pada tes siklus I
secara klasikal diperoleh 4 dari 20 siswa (20%) tuntas dan rata-rata tes kemampuan
diperoleh 57,22 dengan kategori tingkat kemampuan sangat rendah. Kemudia Pada
tes siklus II secara klasikal diperoleh 17 dari 20 siswa (85%) tuntas dan rata-rata tes
kemampuan diperoleh 89,44 dengan kategori tingkat kemampuan tinggi. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based
learning berbantuan alat peraga sederhana untuk meningkatkan kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi siswa di SMP Negeri 1 Pangaribuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:20
Last Modified: 31 Jan 2025 02:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59303

Actions (login required)

View Item
View Item