PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Saragih, Agnes Liska Rosadani (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183311032_Cover.pdf] Text
4183311032_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4183311032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183311032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of 4183311032_Abstrak.pdf] Text
4183311032_Abstrak.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4183311032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183311032_Kata_Pengantar.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4183311032_Daftar_Isi.pdf] Text
4183311032_Daftar_Isi.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4183311032_BAB_I.pdf] Text
4183311032_BAB_I.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4183311032_BAB_V.pdf] Text
4183311032_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4183311032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183311032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa LKPD (Lembar Kerja peserta Didik) berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi pola bilangan. Kualitas LKPD ini mengacu kepada aspek efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Tanjung Morawa dengan jumlah siswa 27 orang. Sedangkan objek pada penelitian ini yaitu bahan ajar yang berupa LKPD berbasis PBL. Ada beberapa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pertanyaan wawancara guru bidang studi, lembar validasi ahli, lembar angket respon guru, lembar angket respon siswa, dan tes kemampuan komunikasi matematis.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, keefektifan LKPD dilihat dari ketercapaiannya ketuntasan belajar dengan rata-rata ketuntasan belajar secara individual sebesar 88 dan untuk ketuntasan secara klasikal yaitu sebesar 96,3%. Maka LKPD yang dikembangkan dinyatakan “efektif”. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, hasil yang didapatkan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa berada dengan presentase sebesar 90,1%, dimana berada pada kriteria tinggi, dan dapat diperhatikan juga untuk penilaian N-Gain didapatkan hasil dengan rata-rata siswa sebesar 0,74 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kriteria tinggi. Jadi, berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, efektif, dan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, Berbasis PBL, Tingkat Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 07:54
Last Modified: 30 Jan 2025 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59285

Actions (login required)

View Item
View Item