PENGEMBANGAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIK TEST UNTUK MENGETAHUI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA SMA/MA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Suhaila, Aninda (2024) PENGEMBANGAN THREE-TIER MULTIPLE CHOICE DIAGNOSTIK TEST UNTUK MENGETAHUI TINGKAT MISKONSEPSI SISWA SMA/MA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202121004_Cover.pdf] Text
4202121004_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202121004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202121004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202121004_Abstrak.pdf] Text
4202121004_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202121004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202121004_Kata_Pengantar.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 4202121004_Daftar_Isi.pdf] Text
4202121004_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202121004_BAB_I.pdf] Text
4202121004_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202121004_BAB_V.pdf] Text
4202121004_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202121004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202121004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan kekeliruan penerapan atau pemahaman konsep fisika yang terjadi pada peserta didik. Hasil observasi terhadap pembelajaran fisika di MAN Binjai menyatakan penilaian dilakukan hanya berbentuk tes one tier multiple choice dan tes essai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan instrumen three-tier multiple choice diagnostik test sehingga dapat mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Binjai dengan menggunakan sistem random sampling. Subjek penelitian ini menggunakan 30 peserta didik kelas XII MIA 1. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan 4D untuk mengembangkan 15 butir soal. Hasil analisis data menyatakan bahwa instrumen telah layak berdasar hasil validasi ahli. Instrumen yang dikembangkan telah efektif berdasar hasil uji validitas, reliablitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Uji validitas statistik menunjukkan 11 soal valid, hasil uji reliabilitas menyatakan instrumen telah reliabel. Uji daya beda menunjukkan 12 soal memiliki daya beda yang baik dan 2 soal memiliki daya beda yang buruk. Analisis tingkat kesukaran menghasilkan 10 soal kategori mudah, 4 soal kategori sedang, dan 1 soal kategori sulit. Berdasarkan hasil yang diperoleh, instrumen tes three-tier multiple choice diagnostik test yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi yang dialami siswa pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Three-Tier, Diagnostik Test, Validasi, Instrumen Tes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:02
Last Modified: 24 Jan 2025 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59213

Actions (login required)

View Item
View Item