PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Tarigan, Chatrine Monalisa Br (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193131037_Cover.pdf] Text
4193131037_Cover.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 4193131037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193131037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4193131037_Abstrak.pdf] Text
4193131037_Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4193131037_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193131037_Kata_Pengantar.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4193131037_Daftar_Isi.pdf] Text
4193131037_Daftar_Isi.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4193131037_BAB_I.pdf] Text
4193131037_BAB_I.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4193131037_BAB_V.pdf] Text
4193131037_BAB_V.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 4193131037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193131037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model CTL berbasis praktikum dalam pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif siswa pokok bahasan koloid kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi. (2) mengetahui skor afektif terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model CTL berbasis praktikum pokok bahasan koloid kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi. (3) mengetahui skor psikomotorik terhadap hasil belajar siswa pada penerapan model CTL berbasis praktikum pokok bahasan koloid kelas XI SMA Swasta
Bersama Berastagi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Bersama Berastagi dengan menetapkan 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI Mipa 1 dan XI Mipa 2 masing-masing berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pretest-postest control group design. Berlandaskan penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada tes awal (pretest) sebesar 59 dan tes akhir (posttest) sebesar 86,13. Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen pada awal (pretest) sebesar 53,92 dan tes akhir (posttest) sebesar 75,25. Hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbasis Praktikum mengalami peningkatan sebesar 67% masuk kategori sedang. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 5,58 > 1,72 yang membuktikan hasil belajar siswa dengan menerapkan model CTL berbasis praktikum pokok bahasan koloid kelas XI tidak sama dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.345 Tar p
Keywords: Model pembelajaran; Contextual teaching and learning; Koloid; hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:26
Last Modified: 11 Apr 2025 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59097

Actions (login required)

View Item
View Item