Siburian, Meiliani Citra Magdalena (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAS TAMANSISWA SINGOSARI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111038_Cover.pdf
Download (80kB)
4193111038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (302kB)
4193111038_Abstrak.pdf
Download (100kB)
4193111038_Kata_Pengantar.pdf
Download (181kB)
4193111038_Daftar_Isi.pdf
Download (188kB)
4193111038_BAB_I.pdf
Download (440kB)
4193111038_BAB_V.pdf
Download (145kB)
4193111038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (221kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAS Tamansiswa Singosari Medan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan desain kelompok Postest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAS Tamansiswa Singosari Medan dan sampelnya adalah kelas X IPS 1 yang berjumlah 26 siswa dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dalam bentuk essay sebanyak 4 butir soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya, berdasarkan hasil pengujian seluruh butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran time token lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa yang dibuktikan dengan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 68,08 dan nilai posttest kelas kontrol sebesar 50,42.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.712 Sib p |
Keywords: | Model pembelajaran; Time token; Hasil belajar; Regresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:37 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59082 |