PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAS TAMANSISWA SINGOSARI MEDAN

Siburian, Meiliani Citra Magdalena (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAS TAMANSISWA SINGOSARI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111038_Cover.pdf] Text
4193111038_Cover.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4193111038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 4193111038_Abstrak.pdf] Text
4193111038_Abstrak.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4193111038_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111038_Kata_Pengantar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4193111038_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111038_Daftar_Isi.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4193111038_BAB_I.pdf] Text
4193111038_BAB_I.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of 4193111038_BAB_V.pdf] Text
4193111038_BAB_V.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4193111038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X IPS SMAS Tamansiswa Singosari Medan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan desain kelompok Postest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMAS Tamansiswa Singosari Medan dan sampelnya adalah kelas X IPS 1 yang berjumlah 26 siswa dan kelas X IPS 2 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika dalam bentuk essay sebanyak 4 butir soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya, berdasarkan hasil pengujian seluruh butir soal dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran time token lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa yang dibuktikan dengan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 68,08 dan nilai posttest kelas kontrol sebesar 50,42.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Sib p
Keywords: Model pembelajaran; Time token; Hasil belajar; Regresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 03:37
Last Modified: 23 Jan 2025 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59082

Actions (login required)

View Item
View Item