Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Kelas V SD Negeri 066054 Kec. Medan Denai

AFNISAH, NUR (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Kelas V SD Negeri 066054 Kec. Medan Denai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311032_Cover.pdf] Text
1193311032_Cover.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 1193311032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (764kB)
[thumbnail of 1193311032_Abstrak.pdf] Text
1193311032_Abstrak.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 1193311032_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311032_Kata_Pengantar.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1193311032_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311032_Daftar_Isi.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193311032_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311032_Daftar_Gambar.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 1193311032_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311032_Daftar_Tabel.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 1193311032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 1193311032_BAB_I.pdf] Text
1193311032_BAB_I.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 1193311032_BAB_V.pdf] Text
1193311032_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1193311032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (102kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran
Articulate Storyline yang valid, praktis, dan efektif pada siswa kelas V SDN
066054 Kec. Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D (Research
and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkahlangkah
penelitian dan pengembangan ini adalah Analyze (Analisis), Design
(Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan
Evaluation (Penilaian). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli
praktisi, guru kelas V dan 27 siswa untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik
analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media Articulate Storyline
menunjukkan; (1) Hasil validasi ahli materi secara keseluruhan menunjukkan
bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat valid (87,5%) dan hasil validasi
media secara keseluruhan pada kualifikasi sangat valid (92,5%); (2) Hasil
praktikalitas guru secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran
dinyatakan sangat praktis (95%); (3) Hasil uji efektivitas memiliki nilai rata-rata
83,33 dengan kriteria ketuntasan "Tuntas". Dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran Articulate Storyline yang dikembangkan peneliti sangat layak,
sangat praktis dan sangat efektif digunakan pada siswa kelas V SD Negeri
066054 Kec. Medan Denai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Articulate Storyline; Ekosistem; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:39
Last Modified: 09 Jan 2025 04:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58990

Actions (login required)

View Item
View Item