AFNISAH, NUR (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Ekosistem Kelas V SD Negeri 066054 Kec. Medan Denai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193311032_Cover.pdf
Download (130kB)
1193311032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (764kB)
1193311032_Abstrak.pdf
Download (102kB)
1193311032_Kata_Pengantar.pdf
Download (168kB)
1193311032_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
1193311032_Daftar_Gambar.pdf
Download (95kB)
1193311032_Daftar_Tabel.pdf
Download (101kB)
1193311032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (98kB)
1193311032_BAB_I.pdf
Download (196kB)
1193311032_BAB_V.pdf
Download (176kB)
1193311032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (102kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran
Articulate Storyline yang valid, praktis, dan efektif pada siswa kelas V SDN
066054 Kec. Medan Denai. Jenis penelitian ini adalah penelitian R & D (Research
and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkahlangkah
penelitian dan pengembangan ini adalah Analyze (Analisis), Design
(Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan
Evaluation (Penilaian). Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli
praktisi, guru kelas V dan 27 siswa untuk uji coba lapangan. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik
analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan media Articulate Storyline
menunjukkan; (1) Hasil validasi ahli materi secara keseluruhan menunjukkan
bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat valid (87,5%) dan hasil validasi
media secara keseluruhan pada kualifikasi sangat valid (92,5%); (2) Hasil
praktikalitas guru secara keseluruhan menunjukkan bahwa media pembelajaran
dinyatakan sangat praktis (95%); (3) Hasil uji efektivitas memiliki nilai rata-rata
83,33 dengan kriteria ketuntasan "Tuntas". Dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran Articulate Storyline yang dikembangkan peneliti sangat layak,
sangat praktis dan sangat efektif digunakan pada siswa kelas V SD Negeri
066054 Kec. Medan Denai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Articulate Storyline; Ekosistem; Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:39 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58990 |