JANNAH, MIFTAHUL (2023) Pengaruh Model Kooperatif Teknik Paired Storytelling Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Di Kelas V SD Negeri 1 Sungai Liput Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1192411023_Cover.pdf
Download (59kB)
1192411023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (511kB)
1192411023_Abstrak.pdf
Download (42kB)
1192411023_Kata_Pengantar.pdf
Download (131kB)
1192411023_Daftar_Isi.pdf
Download (54kB)
1192411023_Daftar_Gambar.pdf
Download (36kB)
1192411023_Daftar_Tabel.pdf
Download (38kB)
1192411023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (40kB)
1192411023_BAB_I.pdf
Download (172kB)
1192411023_BAB_V.pdf
Download (39kB)
1192411023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (173kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Kooperatif
Teknik Paired Storytelling Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Siswa Kelas
V SD Negeri 1 Sungai Liput Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain
penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Sungai Liput Tahun Ajaran 2022/2023
yang berjumlah 53 siswa dengan sampelnya adalah kelas V-A sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes
lembar kerja siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent
Samples T-Test dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa sebelum melakukan pembelajaran nilai rata-rata pretest kelas eksperimen
adalah 47,5 sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 41,6. Setelah
dilaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen yang diajarakan dengan teknik
paired storytelling memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 88,85 dengan
kategori baik. Sedangkan pada kelas kontrol yang diajarkan dengan model
pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 71,8 dengan
kategori cukup. Pada pengujian Independent Samples T-Test data posttest diperoleh
nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (7,462 > 1,677) maka
kesimpulan yang diambil adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan dalam
penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model
kooperatif teknik Paired Storytelling terhadap kemampuan menyimak cerita siswa
kelas V SD Negeri 1 Sungai Liput Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teknik Paired Storytelling; Kemampuan Menyimak; Cerita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58964 |