Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Kodular Pada Tema 5 Subtema 2 di Kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023.

SITANGGANG, JHOM ANDREY (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Kodular Pada Tema 5 Subtema 2 di Kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111005_Cover.pdf] Text
1193111005_Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_Abstrak.pdf] Text
1193111005_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111005_Daftar_Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111005_Daftar_Gambar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111005_Daftar_Tabel.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 1193111005_BAB_I.pdf] Text
1193111005_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_BAB_V.pdf] Text
1193111005_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi kodular pada tema 5 subtema 2 di kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah validator ahli media, validator ahli materi, praktisi pendidikan, dan 20 siswa kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi kodular “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rincian nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli media memperoleh persentase kelayakan 94,8% kategori “Sangat Layak” dan hasil penilaian kelayakan materi oleh validator ahli materi memperoleh persentase kelayakan 90,37% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas yang dilakukan oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase kepraktisan 92,97% kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa sebesar 66 pada pretest, sedangkan nilai rata- rata siswa pada posttest sebesar 85,75. Berdasarkan uji keefektifan diperoleh hasil rata-rata skor N-gain persen sebesar 58,09% kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi kodular pada tema 5 subtema 2 di kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023 sangat layak, sangat praktis, dan efektif digunakan oleh siswa pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Research and Development; ADDIE; Media Pembelajaran Berbasis Android; Aplikasi Kodular; Kelas V Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:30
Last Modified: 09 Jan 2025 04:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58940

Actions (login required)

View Item
View Item