SITANGGANG, JHOM ANDREY (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Kodular Pada Tema 5 Subtema 2 di Kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111005_Cover.pdf
Download (2MB)
1193111005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
1193111005_Abstrak.pdf
Download (2MB)
1193111005_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
1193111005_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
1193111005_Daftar_Gambar.pdf
Download (2MB)
1193111005_Daftar_Tabel.pdf
Download (2MB)
1193111005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (9MB)
1193111005_BAB_I.pdf
Download (2MB)
1193111005_BAB_V.pdf
Download (2MB)
1193111005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi kodular pada tema 5 subtema 2 di kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah validator ahli media, validator ahli materi, praktisi pendidikan, dan 20 siswa kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi kodular “Sangat Layak” untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rincian nilai kelayakan yang diberikan oleh validator ahli media memperoleh persentase kelayakan 94,8% kategori “Sangat Layak” dan hasil penilaian kelayakan materi oleh validator ahli materi memperoleh persentase kelayakan 90,37% kategori “Sangat Layak”. Uji praktikalitas yang dilakukan oleh praktisi pendidikan memperoleh persentase kepraktisan 92,97% kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa sebesar 66 pada pretest, sedangkan nilai rata- rata siswa pada posttest sebesar 85,75. Berdasarkan uji keefektifan diperoleh hasil rata-rata skor N-gain persen sebesar 58,09% kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan aplikasi kodular pada tema 5 subtema 2 di kelas V SDN 060874 Medan Perjuangan T.A 2022/2023 sangat layak, sangat praktis, dan efektif digunakan oleh siswa pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Research and Development; ADDIE; Media Pembelajaran Berbasis Android; Aplikasi Kodular; Kelas V Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:30 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58940 |